Sukses

Turunkan Berat Badan dengan Mengunyah Permen Karet

Beberapa orang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat menurunkan berat badan. Andakah salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Diet permen karet merupakan salah satu metode diet yang terdengar tak biasa. Permen karet konon dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika dikunyah sebelum makan. Bagaimana faktanya?

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Rhode Island mengatakan, mengunyah permen karet dapat memuaskan nafsu makan seseorang sehingga mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan mengurangi jatah makan di lain waktu.

Selain itu, ada lagi beberapa alasan yang menunjukkan bahwa permen karet dapat menurunkan berat badan, di antaranya:

  • Permen karet mengandung kalori yang lebih sedikit dan praktis ditemukan di mana saja.
  • Permen karet dapat mengontrol nafsu makan karena rasa manis yang tinggal lebih lama di dalam mulut, serta kegiatan mengunyah berulang-ulang seolah makan tiada henti.
  • Permen karet dapat dijadikan sebagai pengganti camilan karena mengurangi keinginan untuk mengudap. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi asupan harian sebesar 40 kalori.
  • Mengunyah permen karet membakar sekitar 11 kalori per jam.
  • Enzim pencernaan yang dikandung saat air liur ikut bekerja dalam mengunyah permen karet dapat membantu memperlancar pencernaan.

Walau begitu, untuk mencapai berat badan ideal, diet permen karet saja tidak cukup. Anda perlu menyeimbangkan antara makanan yang dikonsumsi dan aktivitas olahraga. Semua dibutuhkan usaha dan niat dalam menjalankannya. Jangan lupa untuk minum air putih dan istirahat yang cukup. Bila perlu, silakan menemui dokter gizi untuk mendiskusikan jumlah kalori yang Anda butuhkan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar