Sukses

4 Cara Sehat Move On dari Mantan

Jangan terlalu terpaku pada mantan kekasih kalau hubungan Anda dengannya sudah berakhir. Ini empat cara sehat untuk move on darinya.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah banyak cara yang Anda lakukan untuk melupakan mantan. Tapi apakah rasa sakit itu masih terus terbayang dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda? Cobalah empat cara sehat ini agar Anda bisa segera move on:

  1. Terimalah yang sudah terjadi

    Mengakhiri suatu hubungan memang akan selalu meninggalkan rasa sakit. Apalagi jika Anda adalah pihak yang tersakiti. Tapi Anda tak seharusnya tenggelam dalam kubangan rasa sakit itu. Jika terlalu lama meratapi masalah, bukannya mendapat simpati, malah akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

    Anda mungkin ingin segera move on. Namun demikian, tetap berikan waktu bagi diri Anda untuk mencerna apa yang telah terjadi. Bagaimanapun pahitnya, masa lalu adalah bagian perjalanan hidup yang bisa mendewasakan Anda dalam berpikir.

    Ada saatnya, meratapi masa lalu baik untuk kesehatan mental karena dapat membuat Anda lebih realistis. Cobalah untuk merefleksikan apa yang telah terjadi dan apa yang sudah Anda lakukan untuk memecahkan masalah. Niscaya, Anda akan lebih rasional dan kritis melalui proses ini. Kuncinya adalah menerima semua yang terjadi dan berdamailah dengan masa lalu.

  2. Memaafkan

    Pengampunan adalah bagian penting untuk melepaskan masa lalu Anda. Jika Anda masih menyimpan kebencian, Anda tidak mungkin bisa melangkah maju.

    Memaafkan bukan berarti Anda melegalkan kesalahan yang mungkin telah dilakukan oleh orang lain kepada Anda. Namun, dengan memaafkan, Anda akan membebaskan diri dari kebencian dan perasaan tertekan.

    Mulailah dengan memaafkan diri sendiri dan berusaha untuk tak lagi terjebak pada kesalahan yang sama. Setelah berhasil melewati hal itu, Anda akan bisa bernafas lebih lega, karena tak ada lagi masalah yang mengganjal. Hasilnya, Anda akan semakin produktif.

  3. Tahu Waktu

    Merenungi kesalahan dan menerima luka adalah hal yang sangat perlu untuk Anda lakukan. Tapi Anda pun harus tahu waktu dan jangan terlarut dalam proses itu. Setelah merasa cukup, tata kembali hidup Anda. Lupakan masa lalu dan luka yang Anda alami kemarin.

    Mulailah hari dengan bangun lebih pagi dan berjalan santai. Alihkan pikiran Anda pada kegiatan yang menyehatkan. Setelah mood Anda terbangun, tambah intensitas olahraga Anda. Nyatanya berkeringat dapat membuat Anda lebih tenang. Jangan beri kesempatan untuk masa lalu mengganggu Anda.

  4. Maju dan Tumbuh

    Setelah semua beban terangkat, Anda akan semakin mudah untuk bergerak dan fokus untuk menata kehidupan yang lebih baik. Mulailah dari hal kecil seperti kebiasaan mandi Anda. Jika selama patah hati Anda merasa malas menyentuh air, percayalah, saat itu bakteri-bakteri di kulit Anda tengah berpesta.

Setelah itu, perbaiki pola makan Anda. Jika selama patah hati Anda selalu mengasihani diri sendiri dan lari ke pelukan makanan-makanan manis dan berlemak, hentikan segera! Mulailah menyantap makanan-makanan sehat seperti buah dan sayuran.

Move on dari mantan memang bukan proses yang mudah. Tapi percayalah, setelah berhasil melakukannya, Anda akan melihat diri Anda dengan cara yang berbeda dan bersyukur dengan apa yang telah Anda lewati.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar