HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi3 Minuman Alami untuk Atasi Sulit Tidur
Diet dan Nutrisi

3 Minuman Alami untuk Atasi Sulit Tidur

Kartika Tarigan, 06 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minuman alami ini dapat membantu Anda menangani masalah sulit tidur.

3 Minuman Alami untuk Atasi Sulit Tidur

Tidur berkualitas pada malam hari sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian penuh beraktivitas. Namun, bagaimana jika Anda sulit tidur? Ada banyak hal seperti stres dan resah yang dapat mengganggu tidur malam Anda. Untuk mengatasi gangguan tidur, cobalah konsumsi tiga minuman alami ini.

  1. Air Kelapa Air kelapa murni sering diiklankan sebagai minuman yang dapat meningkatkan energi dan baik untuk mencegah dehidrasi. Tapi tahukah Anda bahwa air kelapa memiliki khasiat yang tak terduga, yaitu membantu Anda tidur lebih nyenyak.Air kelapa diketahui mengandung potasium dan magnesium yang baik. Kandungan ini dapat membuat otot-otot Anda lebih rileks sehingga memengaruhi kualitas tidur. Selain itu, air kelapa juga memiliki sejumlah kecil vitamin B yang dapat menurunkan stres.Dikutip dari Liputan6.com, cobalah untuk meminun 200 ml air kelapa murni sebelum Anda tidur. Niscaya air kelapa yang diminum akan bereaksi melawan insomnia dan membuat Anda lebih mudah terlelap.
  2. Teh Kamomil Teh yang satu ini memang telah lama dikenal di kalangan orang yang sering mengalami gangguan tidur. Sebuah penelitian menyebutkan, teh kamomil dapat meningkatkan glisin, zat kimia yang dapat melemaskan saraf dan otot. Kandungan ini juga terbukti sebagai penenang dan dapat membuat Anda merasa lebih rileks.Sayangnya, belum banyak uji coba klinis yang dilakukan untuk membuktikan khasiat teh kamomil untuk membantu tidur. Namun, teh kamomil diyakini dapat membantu meringankan gangguan kecemasan umum dan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan tidur.Saat mengalami insomnia, minumlah secangkir teh kamomil hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa sendok madu untuk menambah nikmat dan mendapatkan manfaat yang lebih banyak.
  3. Jus Ceri Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food pada Juni 2010, menunjukkan bahwa mengonsumsi dua gelas jus ceri dapat membantu Anda lebih mudah tidur pada malam hari.Studi serupa kembali dilakukan pada bulan September 2010 dan diterbitkan di The Journals of Gerontology. Hasilnya masih sama: minum jus ceri dapat memberi Anda tidur yang lebih berkualitas.Jus ceri merupakan sumber alami melatonin, hormon yang dapat mengatur siklus tidur seseorang. Untuk membantu mengatasi masalah tidur dan mendapatkan tidur yang lebih baik, minumlah 100 ml jus ceri pada pagi dan malam hari.

Selain mengonsumsi minuman-minuman tersebut, Anda dapat melakukan rangsangan lain agar tidur lebih nyenyak. Seperti memasang lilin aromaterapi, memijat tubuh dengan minyak esensial, dan menghindari konsumsi kafein berlebih. Dengan demikian, masalah sulit tidur dan gangguan tidur lainnya pun enggan datang.

Baca artikel serupa di sini 

[RS/ RVS]

Sulit TidurtidurMinuman Alami

Konsultasi Dokter Terkait