Sukses

Mengapa Haid Bikin Wanita Rentan Sakit Kepala?

Penyebab sakit kepala bisa bermacam-macam, termasuk karena haid. Mengapa haid bikin rentan sakit kepala?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, haid mungkin terasa menyiksa karena haid muncul bersama dengan beberapa keluhan, khususnya sakit kepala. Sakit kepala sebelum dan saat haid terjadi karena penurunan hormon esterogen sebelum haid.

Penelitian menunjukkan bahwa risiko sakit kepala meningkat 25 persen dalam lima hari sebelum haid. Risiko tersebut meningkat menjadi 71 persen dalam dua hari sebelum haid. Risiko sakit kepala yang paling tinggi muncul pada hari pertama sampai hari ketiga haid.

Jika sakit kepala yang timbul sangat mengganggu, Anda sebaiknya mencatat hari pertama haid untuk mencegah munculnya sakit kepala. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu mengatasi sakit kepala saat haid.

Namun bila sakit kepala sudah menyerang, Anda bisa melakukan beberapa cara yaitu mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol, ibuprofen, dan kafein.

Anda juga perlu istirahat, mengonsumsi banyak minum air putih, mengindari stres, berolahraga, melakukan relaksasi, dan mengompres kepala.

Jika sakit kepala saat haid tak teratasi melalui beberapa cara di atas, Anda sebaiknya pergi ke dokter. Anda pun akan mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar