Sukses

Lari Siang Hari, Amankah?

Meski bikin berkeringat lebih banyak, lari siang hari nyatanya dapat menyebabkan gangguan pada tubuh Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang berpendapat bahwa lari siang hari sangat baik untuk menurunkan berat badan. Keringat yang keluar menjadi lebih banyak dan berat badan menjadi lebih cepat turun. Namun, sadarkah Anda bahwa lari siang hari bisa berbahaya?

Lari siang hari dapat menyebabkan heat exhaustion, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan badan menjadi lemah, sakit kepala, dan mual akibat paparan terhadap panas yang terlalu lama. Keadaan ini sering terjadi pada musim panas dan dapat menyerang siapa saja, termasuk atlet outdoor.

Selain itu, gejala seperti pusing, haus, dan lemah juga sering didapatkan pada kasus heat exhaustion ini.

Bentuk yang lebih berat daripada heat exhaustion adalah heatstroke. Heatstroke sangat berpotensi membahayakan nyawa karena dapat mengakibatkan penurunan fungsi otak serta kejang dan koma. Bahkan kerusakan otak yang terjadi dapat menjadi permanen.

Heat exhaustion maupun heatstroke terjadi akibat kegagalan sistem pengaturan panas oleh tubuh. Sebagai kompensasi, awalnya tubuh akan mengeluarkan panas dengan cara mengeluarkan keringat sebanyak mungkin. Karena itulah, pada saat ini dehidrasi bisa terjadi.

Ketika dehidrasi terus terjadi, jantung akan kehilangan volume darah dan pada akhirnya suplai darah ke otak dan organ lainnya menjadi berkurang. Tentunya kondisi ini sangat membahayakan tubuh Anda.

Untuk mencegah kedua kondisi tersebut, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dan jangan memaksakan diri untuk lari pada siang hari. Toh Anda tetap dapat berolahraga pada pagi atau malam hari, dan keduanya memiliki keuntungan masing-masing.

Selain itu, untuk mampu berlari dengan aman pada siang hari, diperlukan latihan yang rutin. Bahkan atlet pun, memerlukan waktu berminggu-minggu untuk membiasakan diri berlari pada siang hari.

Jika Anda tetap ingin lari pada siang hari, jangan lupa untuk membawa air minum dingin. Lalu, bila Anda merasa terlalu panas dan tubuh mulai lemas, menepilah sesaat di tempat yang sejuk untuk menurunkan suhu tubuh.

Terakhir, ketahuilah batasan fisik Anda, tak perlu terlalu memaksakan diri. Ingat, lebih baik menyelesaikan dengan lambat daripada harus mengakhiri dengan cepat tetapi berakhir di rumah sakit. Dengan memperhatikan aturan-aturan tersebut, Anda akan dapat tetap aman berolahraga lari siang hari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar