Sukses

Kenapa Dehidrasi Usai Minum Kopi?

Meski nikmat, namun minum kopi bisa menjadi biang keladi dehidrasi.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mengawali hari tanpa secangkir kopi rasanya seperti ada yang kurang. Kopi ibarat pembangkit semangat di pagi hari. Namun minum kopi juga dianggap sebagai penyebab dehidrasi. Kenapa?

Ketika kadar air normal di dalam tubuh berkurang, maka keseimbangan mineral dan elektrolit di dalam tubuh akan terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan fungsi normal tubuh dan terjadi dehidrasi.

Beberapa gejala awal dehidrasi antara lain: rasa haus, nyeri kepala, mulut terasa kering dan mudah lelah. Anda pernah mengalami hal ini usai minum kopi?

Dari beberapa studi, kafein merupakan penyebabnya. Kafein tak hanya terkandung di dalam kopi tetapi juga di dalam minuman bersoda dan teh.

Pada studi yang dilakukan oleh University of Connecticut menyimpulkan bahwa kafein bersifat diuretik atau menyebabkan frekuensi buang air kecil (BAK) Anda bertambah.

Dalam studi tersebut, partisipan yang minum kopi mengalami peningkatan frekuensi BAK dan volume urine hingga 50%. Cairan yang banyak keluar melalui BAK dapat mengganggu keseimbangan kadar air dan fungsi normal tubuh, sehingga terjadi dehidrasi.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa ada beberapa faktor suatu minuman dapat mengganggu keseimbangan cairan tubuh setelah dikonsumsi: kandungan makronutrien (karbohidrat, lemak protein), kandungan elektrolit (terutama sodium dan potasium) dan kandungan bahan diuretik (semisal kafein).

Dalam penelitian tersebut dilakukan perbandingan produksi urine antara beberapa minuman, seperti air putih, susu dan kopi setelah 2 jam dikonsumsi. Hasilnya, kopi adalah minuman yang menyebabkan tubuh paling banyak kehilangan cairan.

Namun, minum kopi tidak akan menyebabkan Anda mengalami dehidrasi yang parah. Peneliti dari University of Connecticut menyebutkan bahwa hingga saat ini belum pernah dilaporkan kasus seseorang dilarikan ke unit gawat darurat karena dehidrasi akibat minum kopi.

Dapat disimpulkan, meski kopi tidak menyebabkan dehidrasi berat, namun tetap perlu dibatasi konsumsinya. Terlebih lagi jika Anda berada pada situasi yang berpotensi mengalami dehidrasi, seperti berada di daerah yang beriklim panas dan kering, tengah berolahraga, atau sedang dalam perjalanan di pesawat.

Nah, agar Anda terhindar dari dehidrasi, daripada minum kopi, pilihlah air putih untuk menghilangkan dahaga di momen-momen tersebut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar