Sukses

Kiat Melakukan Peeling di Rumah

Anda sering peeling di salon kecantikan? Kini, Anda bisa melakukannya di rumah dengan cara yang sederhana dan mudah.

Salah satu penyebab kulit terlihat kusam adalah adanya sel kulit mati di permukaan kulit. Untuk menguranginya banyak yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan prosedur peeling.

Peeling merupakan tindakan untuk mempercepat regenerasi kulit wajah. Regenerasi tersebut dilakukan dengan mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, kulit wajah pun menjadi tampak cerah, mulus, dan awet muda usai melakukan peeling

Peeling memang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Akan tetapi, bila dilakukan terus-menerus di fasilitas kesehatan bersama dokter spesialis kulit, banyak yang menilai hal tersebut akan menguras dompet. Ditambah lagi, tak semua orang memiliki waktu lebih untuk pergi ke klinik kecantikan demi melakukan peeling.

Nah, kabar baiknya, Anda dapat melakukan peeling sendiri di rumah dengan biaya yang lebih mudah dan jadwal yang lebih fleksibel. Cara yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan peeling di rumah, antara lain:

1. Scrub

Scrub adalah peeling mekanik wajah yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Pembersihan kulit mati menggunakan teknik ini dilakukan dengan menggunakan partikel kecil seperti pasir.

Scrubbing dapat dilakukan maksimal dua kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan produk scrub yang dijual bebas dan sesuai dengan tipe kulit Anda. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk membuat scrub sendiri dengan memanfaatkan garam dan gula.

Saat melakukannya, gosok partikel scrub dengan lembut di kulit wajah untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.  

Hal lain yang perlu diperhatikan saat peeling di rumah menggunakan scrub adalah gunakan pelembap setelahnya. Pelembap tersebut memastikan kulit tetap lembap, tidak kering, dan membuatnya terasa kenyal.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Baik, Scrub Gula atau Scrub Garam?

1 dari 3 halaman

2. Masker dan Air Hangat

Cara peeling di rumah berikutnya adalah dengan memanfaatkan masker dan air hangat. 

Saat ini sudah tersedia banyak masker yang dijual bebas dan memiliki bahan aktif untuk mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati. Anda dapat menggunakan masker tersebut layaknya scrub, yaitu dua kali seminggu.

Artikel Lainnya: Mengenal Jenis Masker Wajah Beserta Manfaat Sehatnya

Setelah peeling di rumah menggunakan masker dan air hangat, basuhlah wajah menggunakan air hangat untuk membantu mengangkat lapisan teratas kulit.

Penting untuk diingat, hindari menggunakan air yang terlalu panas. Sebab air panas justru akan mengangkat lapisan lemak alami dari kulit sehingga kulit akan semakin kering.

3. Peeling Kimia

Selain peeling mekanik, Anda juga dapat melakukan peeling kimia dengan menggunakan glycolic acid. Cara peeling di rumah menggunakan glycolic acid sudah banyak digunakan untuk peeling superficial.

Kini, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan glycolic acid sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah di pasaran. Penggunaannya bergantung pada setiap produk sehingga Anda harus membaca aturan pakai terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga harus segera menghentikan pemakaian bila muncul keluhan seperti kulit merah, terasa panas, atau terbakar. 

Artikel Lainnya: Mengupas Manfaat Chemical Peeling untuk Kulit

2 dari 3 halaman

4. Perawatan Pasca Peeling

Setelah melakukan peeling di rumah, Anda juga perlu memperhatikan perawatan usai melakukannya. Baik peeling mekanik maupun peeling kimia, jangan lupa untuk melakukan perawatan wajah sederhana untuk melembapkan kulit.

Anda dapat menggunakan produk yang mengandung hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit Anda. 

Selain itu, saat memilih pelembap, gunakan produk yang mengandung ceramide atau kolesterol yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit. 

Peeling bukan lagi prosedur yang pelik. Anda dapat melakukan peeling wajah sendiri di rumah dengan cara-cara di atas. Jika dilakukan dengan tepat, peeling di rumah tidak kalah efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kecantikan dan kesehatan kulit. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar