Sukses

Terlalu Sering Gunakan Gawai? Awas Neck Text Syndrome

Pegal di bahu dan leher pada pengguna gawai bisa jadi pertanda gangguan neck text syndrome.

Klikdokter.com, Jakarta Sekitar 79% orang dewasa berusia 18-44 tahun menggunakan gawai atau gadget setidaknya selama 14 jam dalam sehari. Apakah Anda salah satunya? Bila ya, waspadalah. Next text syndrome tengah mengincar Anda!

Apa itu Next Text Syndrome?

Neck text syndrome merupakan penyakit yang terjadi karena penggunaan otot di leher, bahu, dan punggung yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi akibat posisi menunduk terus-menerus, yang dilakukan dalam jangka waktu lama.

Next text syndrome memiliki gejala berupa:

  • Pegal di leher atau punggung bagian atas, terutama saat menggunakan gawai.
  • Nyeri seperti ditusuk-tusuk di daerah leher dan bahu, terutama menjelang tidur di malam hari.
  • Rasa kaku di bahu.
  • Sakit kepala hilang timbul, yang dirasakan terutama saat menggunakan gawai.

Selain menyebabkan ketidaknyamanan, kondisi ini juga dapat menyebabkan peradangan sendi dan terjepitnya saraf di daerah leher bila tidak segera diobati.

Mengatasi Next Text Syndrome

Untuk mencegah dan mengatasi neck text syndrome, berikut ini adalah tindakan yang bisa Anda lakukan:

  1. Posisikan gawai sejajar dengan mata

    Tindakan ini bertujuan agar Anda tak perlu menunduk untuk melihat atau mengetik di gawai.

  2. Istirahatkan otot setiap 20-30 menit

    Bila pekerjaan mengharuskan Anda melihat gawai sepanjang hari, usahakan untuk mengambil istirahat secara berkala. Setiap 20-30 menit, lepaskan gawai dari tangan Anda paling tidak selama dua menit. Hal ini penting untuk memberi kesempatan pada otot leher, bahu, dan punggung untuk berelaksasi.

  3. Lakukan peregangan otot leher dan bahu

    Lakukan peregangan otot leher dan bahu dengan menundukkan dan mendongakkan kepala secara bergantian. Setelah itu, gelengkan kepala ke kiri dan kanan hingga mata bisa melihat bahu.
    Anda juga perlu memutar bahu searah, dan berlawanan jarum jam secara bergantian. Lakukan gerakan sederhana ini setiap kali Anda selesai menggunakan gawai.

  4. Berbaring

    Bila sudah terasa pegal atau nyeri di leher, bahu, atau punggung akibat menggunakan gawai, berbaringlah selama 5-10 menit.

    Berbaring akan mengistirahatkan otot di leher, bahu, dan punggung, sehingga nyeri akan berkurang.

Lakukan tindakan di atas, jika Anda dituntut untuk berurusan dengan gawai kesayangan Anda seharian. Jangan sampai benda tersebut menurunkan kualitas hidup Anda. Dengan begitu, pegal di leher, bahu, atau punggung akibat neck text syndrome bisa dihindari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar