Sukses

Semangka Merah atau Kuning, Mana Lebih Kaya Nutrisi?

Keduanya sama segarnya, tapi mana yang lebih kaya nutrisi, semangka merah atau kuning?

Klikdokter.com, Jakarta Mengutip Livestrong, semangka kuning memang tidak sepopuler semangka yang berwarna merah. Namun semangka kuning juga mengandung nutrisi yang tak kalah dengan semangka merah.

Nutrisi dalam semangka kuning

Dalam satu buah semangka kuning, banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan beberapa kelompok vitamin B. Mengonsumsi semangka kuning dapat memenuhi 18 persen nilai harian untuk pemenuhan vitamin A.

Selain vitamin, semangka kuning juga mengandung mineral seperti magnesium, besi, potasium, fosfor dan kalsium. Mengonsumsi semangka kuning dapat memenuhi 21 persen dari angka kebutuhan harian untuk kalsium, serta 5 persen nilai kebutuhan harian potasium.

Jika semua ini dapat diserap, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jenis semangka ini juga dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, semangka kuning memiliki daging buah yang lebih tebal, sehingga bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Hasilnya, Anda pun tidak akan makan berlebih.

Jika Anda tengah dalam program penurunan berat badan, maka semangka kuning adalah pilihan terbaik. Pasalnya, setiap satu porsi semangka kuning hanya mengandung 46 kalori.

Kalori yang ada pada semangka kuning sebagian besar berasal dari kandungan karbohidratnya. Karbohidrat merupakan sumber utama energi dalam tubuh.

 

1 dari 2 halaman

Semangka merah pun bernutrisi

Sementara semangka kuning menjanjikan sejumlah kebaikan, perlu dicatat bahwa ada perbedaan antara semangka kuning dan semangka merah. Semangka kuning adalah sumber betakaroten dan semangka merah merupakan sumber lycopene.

Baik beta karoten dan lycopene adalah antioksidan, dan dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan penyakit mata.

Selain soal kandungan nutrisi, memilih semangka biasanya juga tergantung selera. Meski pada dasarnya kedua semangka ini memiliki rasa yang hampir mirip, namun nyatanya banyak orang lebih memilih semangka merah.

Semangka merah memang dikenal memiliki rasa yang lebih segar dan manis. Buah semangka merah banyak mengandung vitamin A, B6 dan vitamin C yang tinggi. Warna merah pada semangka ini dihasilkan dari lycopene yang ampuh menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker prostat serta masalah tulang.

Semangka merah juga memiliki citrulline, yang merupakan asam amino yang oleh tubuh dapat diubah menjadi jenis asam amino lainnya, yaitu arginin. Kedua jenis asam amino ini sangat bagus untuk aliran darah, yang kemudian membantu kesehatan dan sirkulasi kardiovaskular tetap baik.

Sudah terbukti bahwa, baik semangka kuning maupun semangka merah keduanya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsilah secara rutin agar kebutuhan nutrisi bagi tubuh bisa terpenuhi.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar