Sukses

Cara Jitu Menunda Haid saat Menunaikan Ibadah Haji

Saat menunaikan ibadah haji ada beberapa rukun haji yang tidak boleh dilakukan saat sedang haid. Lalu adakah solusi untuk menunda haid?

Klikdokter.com, Jakarta Menunaikan ibadah haji merupakan dambaan bagi umat Islam. Namun, jika bersamaan dengan tibanya siklus haid, Anda harus mengetahui hal-hal yang sepatutnya dilakukan – termasuk menunda haid – agar ibadah haji Anda bisa berjalan lancar.

Dalam menunaikan ibadah haji, umat Islam diharuskan melaksanakan 6 tuntunan rukun haji yakni ikhram, wukuf, tawaf, sai, tahallul dan tertib. Akan tetapi, dari 6 rukun haji tersebut, salah satunya tak boleh dilakukan saat sedang haid.

Untuk tetap bisa menjalankan keenam rukun haji tersebut, Anda bisa melakukan penundaan haid. Tapi untuk menunda haid, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Selanjutnya, dokter akan menentukan obat yang cocok bagi Anda untuk menunda haid.

Untuk itu, pastikan Anda telah mempunyai catatan siklus haid selama 3 bulan terakhir. Hal ini untuk memudahkan dokter dalam menentukan kapan sebaiknya Anda mengonsumsi obat tersebut.

Ada 2 macam pil kontrasepsi yang bisa dikonsumsi untuk menunda haid. Kedua jenis pil tersebut terdiri atas pil yang berisi 2 hormon kombinasi estrogen dan progesterone, serta pil yang hanya berisi progesterone saja.
Namun bagi Anda yang ingin menunda haid saat ibadah haji disarankan hanya mengonsumsi sebanyak 21 butir pil yang mengandung hormon.

Itulah cara menunda haid yang bisa Anda lakukan saat menunaikan ibadah haji. Tetapi untuk memilih pil kontrasepsi yang tepat, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar