Kesehatan Umum

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Bertahan di Kulkas?

Kartika Tarigan, 05 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Awas, menyimpan daging kurban terlalu lama di kulkas dapat beresiko untuk kesehatan!

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Bertahan di Kulkas?

Iduladha identik dengan pemotongan hewan kurban. Sebagian orang yang mendapatkan daging kurban memilih menyimpannya terlebih dahulu di kulkas untuk dimasak kemudian hari.

Lalu berapa lama daging kurban dapat bertahan di kulkas?

Mengutip dari Livestrong, daging hanya dapat disimpan di kulkas dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, daging tidak aman untuk dikonsumsi.

Menyimpan daging sapi atau kambing di dalam kulkas, akan lebih aman jika tak lebih dari 3 sampai 5 hari. Selain soal waktu, Anda juga harus menyesuaikan dan mengatur suhu kulkas Anda.

Sementara daging sapi dan kambing yang disimpan dalam freezer umumnya aman dikonsumsi dalam 3 bulan sampai 4 bulan. Jika sudah lebih dari itu, sebaiknya Anda membuang dan mengurungkan niat untuk mengonsumsinya.

Agar lebih aman, Anda harus menyimpan daging dalam wadah tertutup sebelum memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer. Hal itu untuk menghindari kontaminasi bakteri yang terdapat di daging ke makanan lainnya.

Penggunaan plastik hitam juga tak dianjurkan untuk menyimpan daging. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan plastik yang memang khusus dibuat untuk menyimpan makanan.

Sebelum memutuskan untuk mengolah daging kurban, coba ingat-ingat kembali sudah berapa lama Anda menyimpannya di kulkas? Jika warnanya mulai berubah dan mengeluarkan bau yang kurang sedap, sebaiknya Anda tak lagi memasak daging tersebut.

[DA/ RVS]

Daging KurbankulkasIduladhaMenyimpan Daging

Konsultasi Dokter Terkait