Sukses

Hindari 6 Kombinasi Makanan Ini!

Kombinasi makanan yang salah dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang gemar mencampurkan beberapa makanan di setiap sajian, sepertinya mulai saat ini harus mengurangi kebiasaan tersebut. Mengonsumsi beberapa jenis makanan secara bersamaan ternyata dapat mengakibatkan tidak terserapnya nutrisi dengan baik.

Berikut adalah makanan-makanan yang tidak boleh Anda konsumsi bersamaan.

  1. Pisang dengan susu

    Pisang ternyata tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Apalagi susu yang tinggi protein atau yang mengandung pH 7. Hal ini dikarenakan keduanya sulit dicerna secara bersamaan.

  2. Hamburger dengan bir

    Setelah dicerna, daging dan alkohol melewati proses di hati, dan tubuh memprioritaskan untuk mengeliminasi alkohol terlebih dulu karena dianggap sebagai toksin. Hal ini dapat membuat lemak lebih lama dicerna oleh tubuh, dan menimbulkan rasa kembung atau begah.

  3. Kacang-kacangan dengan keju

    Kombinasi ini dapat menyebabkan peningkatan produksi gas di dalam saluran pencernaan. Bila dikonsumsi bersamaan dapat berujung pada keluhan seperti kembung dan sebagainya.

  4. Daging dengan cuka

    Daging merupakan makanan yang bersifat panas, sedangkan cuka bersifat hangat. Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, akan melonjakan energi dan sirkulasi darah dalam tubuh. Dampak terburuknya adalah meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

  5. Teh dengan susu

    Teh adalah minuman yang kaya antioksidan. Namun, mencampurkannya ke dalam susu akan membuat protein pada susu mengikat zat antioksidan dalam teh. Selain itu, teh juga mengandung asam tanat. Zat ini mengikat zat besi dan protein yang pada akhirnya menghambat penyerapan nutrisi dari makanan.

  6. Susu kedelai dengan telur

    Kedua makanan ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Telur merupakan makanan yang tinggi protein, sedangkan susu kedelai memiliki sifat mengurangi aktivitas dari enzim protease, yang digunakan tubuh untuk membantu mencerna protein. Jika dikonsumsi bersamaan, akan membuat tubuh menjadi kekurangan protein.

Pada dasarnya, semua makanan memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Agar asupan yang diterima oleh tubuh dapat optimal, hindari mencampurkan beberapa makanan yang sudah dijelaskan tersebut.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar