Sukses

6 Alasan Kenapa Anda Perlu Menyendiri

Manusia memang makhluk sosial. Tapi sekali waktu, Anda juga perlu menyendiri. Inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menyendiri.

Klikdokter.com, Jakarta Tak selamanya menyendiri itu buruk. Bagi Anda yang selalu disibukkan oleh rutinitas harian tanpa henti, sepertinya Anda perlu memikirkan waktu untuk menyendiri, sekali-sekali.

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat dari menyendiri. Berikut ini adalah 6 alasan kenapa Anda perlu menyempatkan waktu untuk sendiri.

  1. Meningkatkan empati

    Bila Anda menghabiskan waktu dengan lingkaran teman atau rekan kerja, Anda akan membangun mentalitas “kita vs. mereka”. Menghabiskan waktu sendiri membantu Anda untuk mengembangkan lebih banyak kasih sayang. Dengan demikian, Anda akan lebih mengenal orang-orang yang yang tidak ada di “lingkaran dalam” Anda.

  2. Menaikkan produktivitas

    Demi meningkatkan komunikasi antar karyawan, dewasa ini banyak ditemui desain kantor tanpa dinding-dinding pembatas. Sementara itu, orang yang memiliki sedikit privasi memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik karena lebih fokus.

  3. Memicu kreativitas

    Banyak penulis dan pekerja seni pergi ke hutan atau studio pribadi untuk bekerja. Menyendiri ternyata mampu memberikan kesempatan pada otak untuk berimajinasi dan berpikir lebih kreatif.

  4. Mencegah depresi

    Sebagai makhluk sosial, setiap manusia harus memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain. Akan tetapi, kesendirian juga sama pentingnya. Studi menunjukkan, kemampuan seseorang untuk memberi waktu sendiri terkait dengan peningkatan kebahagiaan, kepuasan hidup, dan manajemen stres yang lebih baik. Orang yang menikmati waktu sendirian jarang mengalami depresi.

  5. Mampu merencanakan hidup lebih baik

    Banyak orang menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan liburan, tetapi tidak pernah merencanakan bagaimana memanfaatkan waktu sendirinya dengan maksimal. Padahal, ruang yang tenang memberi kesempatan untuk memikirkan kemajuan dan perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup.

  6. Lebih mengenal diri sendiri

    Tidak semua orang bisa mengenal dirinya sendiri. Meluangkan waktu sendiri membuat Anda dapat mengenal diri sendiri secara utuh. Menyendiri membuat Anda mampu membuat pilihan tanpa adanya pengaruh dari luar diri Anda.

Itulah manfaat yang diperoleh apabila Anda meluangkan waktu untuk menyendiri. Segera ciptakan ruang tenang saat stres menyerang Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar