Sukses

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Tak perlu buru-buru minum obat. Cara berikut juga ampuh untuk mengatasi gigi sensitif.

Klikdokter.com, Jakarta Ternyata sebagian orang tak menyadari bahwa dirinya memiliki gigi sensitif. Apakah Anda salah satunya?

Di Indonesia, sekitar 45% penduduk mengalami gejala gigi sensitif. Kondisi ini dirasakan terutama saat makan atau minum dingin, panas, manis, dan asam (Ipsos Indonesia, 2011).

Namun ternyata, 52% di antaranya tidak menyadari gejala ini serta tidak mencari perawatan ke dokter gigi. Padahal jika dibiarkan, gigi sensitif bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas.

Gigi sensitif merupakan suatu keadaan ketika bagian dentin yang merupakan jalan masuk menuju saraf gigi kehilangan pelindungnya. Akibatnya paparan terhadap panas ataupun dingin langsung mengenai saraf gigi.

Perawatan gigi sensitif dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung penyebabnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Setelah itu dokter gigi akan memeriksa keadaan klinis gigi Anda dan memberikan perawatan yang tepat.

Ada beberapa hal yang sering dianjurkan oleh dokter gigi untuk mengatasi gigi sensitif. Pertama, hindari menyikat gigi terlalu keras dan gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus. Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan turunnya gusi yang menutupi permukaan dentin di bagian leher gigi.

Selain itu, kurangi konsumsi makanan atau minuman asam secara berlebih. Konsumsi asam yang terlalu sering akan mengakibatkan larutnya email gigi, yang merupakan lapisan keras yang menutupi permukaan dentin.

Hal yang terakhir, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi khusus gigi sensitif mengandung bahan aktif yang dapat menghalangi transmisi rangsang dari permukaan dentin ke saraf gigi. Bahan aktif tersebut bekerja dengan menutup serta membentuk lapisan protektif di atas permukaan dentin yang terbuka.

Jadi, jangan sepelekan masalah gigi sensitif Anda. Segeralah temui dokter gigi dan dapatkan perawatan yang tepat.

Berikan perlindungan lebih kuat pada gigi Anda agar terhindar dari rasa ngilu dan bebas dari gigi sensitif. Gunakan Sensodyne Repair & Protect dengan formula baru sekarang juga.

Didukung teknologi Novamin, Sensodyne Repair & Protect membentuk lapisan mineral gigi hingga 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin. Gigi sensitif Anda pun akan semakin terlindungi. Yuk dapatkan segera Sensodyne Repair & Protect hanya dengan beli disini, Anda sudah bisa merasakan khasiatnya.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar