Sukses

Inilah 4 Fakta Menarik Daging Wagyu !

Daging wagyu semakin populer di kalangan pecinta steak. Apa sih keunggulan daging ini? Temukan fakta menarik tentang daging wagyu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pecinta hidangan steak (steik), nama daging wagyu tentunya sudah tak asing lagi. Kelezatan daging wagyu menjadi primadona di berbagai restoran steik di tanah air.
Mengapa daging wagyu bisa sedemikian nikmat hingga begitu digemari? Berikut ini adalah 4 fakta menarik tentang daging wagyu yang perlu Anda ketahui:

  1. Asal daging wagyu

    Daging jenis ini berasal dari sapi wagyu yang mulanya diternakkan di Jepang. Wagyu sendiri berasal dari kata Wa yang artinya Jepang dan Gyu yang berarti ternak.

    Jenis sapi ini awalnya dikembangbiakkan di Jepang. Namun seiring waktu, kini Australia adalah negara yang paling banyak mengembangbiakkan sapi jenis Wagyu.

    Dikutip dari Liputan6.com, South Asia and China at Meat and Livestock Australia, Andrew Simpson mengatakan, Australia memiliki kondisi iklim yang cocok untuk memelihara sapi wagyu.

    Gen Wagyu pertama kali diperkenalkan di Australia pada tahun 1988. Saat ini terdapat 300 peternak sapi wagyu di Australia menyediakan perkawinan silang.

    Sementara itu, banyak cerita beredar bahwa sapi wagyu tergolong jenis sapi yang ‘manja’. Disebutkan bahwa para peternak di Jepang kerap memberikan perlakuan khusus kepada sapi-sapi ini, seperti membatasi makanan, menjaga kebersihan bulu bahkan memijat sapi tersebut.

  2. Sangat mahal

    Fakta menarik lainnya adalah daging sapi wagyu dibanderol dengan harga selangit. Hal itu mengingat daging sapi wagyu memiliki cita rasa khas yang dapat membuat siapapun tergoda.

    Selain soal rasa, daging wagyu mendapatkan harga jual yang mahal karena sapi wagyu sudah melalui proses ternak yang tidak main-main. Sapi wagyu sendiri hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu dan menempati kandang khusus untuk menjaganya agar tidak sembarangan makan.

    Bahkan beberapa peternakan memberlakukan peraturan yang ketat di sekitar kandang, agar tidak sembarang orang bisa masuk. Siapapun harus melewati proses steril terlebih dahulu.

  3. Kandungan kesehatan

    Menurut seorang pakar diet terakreditasi, Vered Moses, daging wagyu banyak mengandung lemak tak jenuh. Hal itu tentu menjadi ciri khas daging wagyu dengan daging sapi jenis lainnya.

    Moses menyebut kandungan lemak tak jenuh dalam daging wagyu sangat baik bagi kesehatan jantung. Namun, tetap harus memperhatikan porsi daging yang masuk ke dalam tubuh.

  4. Rasa yang lezat

    Daging sapi wagyu memiliki ciri khas khusus yaitu mengandung marbling dalam jumlah tinggi yang memberikan rasa juicy dan meleleh di mulut.

    Marbling adalah guratan halus lemak putih di dalam daging yang memberikan cita rasa lezat dan manis pada daging serta memberikan tekstur yang lunak pada daging. Marbling dalam daging terbentuk karena sapi diberi energi tinggi dari pakan biji-bijian.

Umumnya daging wagyu akan mendapatkan ‘kelas’ lewat jumlah marbling itu. Semakin banyak marbling, semakin lezat dan semakin tinggi kualitas daging.
Bagaimana, Anda tertarik untuk segera menyicipi kelezatan dari steik daging wagyu? Konsumsi secara wajar ya agar terhindar dari penyakit.

[DA/ RVS]

3 Komentar