Sukses

Persiapan Kesehatan untuk Menjalankan Ibadah Haji

Persiapan kesehatan tubuh yang prima adalah salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan saat hendak menunaikan ibadah haji.

Klikdokter.com, Jakarta Ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan saat hendak melaksanakan ibadah haji. Beberapa hal itu antara lain baju, perlengkapan tidur, peralatan ibadah, perlengkapan dokumen, dan lainnya.
Saat sibuk memikirkan semua hal tersebut, Anda terkadang melupakan persiapan kesehatan. Padahal, kesehatan tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran ibadah haji.

Berikut ini adalah kiat untuk menjaga kesehatan tubuh saat hendak melaksanakan ibadah haji:

  1. Konsumsi makanan bergizi

    Jika menderita penyakit tertentu, Anda perlu membawa atau mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Misalnya bagi penderita diabetes, gula pemanis khusus untuk penderita diabetes perlu dibawa saat hendak ibadan haji. Anda juga perlu membuat jadwal makan secara teratur, supaya gula darah terkontrol selama menjalankan ibadah haji.

  2. Olahraga

    Olahraga tetap harus dilakukan sebelum berangkat. Hal ini penting untuk menjaga stamina selama menunaikan ibadah haji. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan, tak perlu yang terlalu berat. Olahraga yang terlalu lelah justru tidak disarankan sebelum berangkat haji.

  3. Menjaga kebersihan

    Menjaga kebersihan adalah salah satu cara agar tidak mudah tertular penyakit. Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, dan setelah buang air kecil atau buang air besar merupakan awal yang baik dalam mencegah penularan banyak penyakit, terutama saat haji.

  4. Kenakan pakaian yang nyaman

    Jangan memakai pakaian yang tebal dan tidak menyerap keringat. Sebab, musim kemarau datang saat bulan haji, sehingga tubuh rentan berkeringat. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan karena pakaian yang kurang nyaman, Anda akan semakin mudah mengalami dehidrasi.

  5. Istirahat yang cukup

    Istirahat yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh setiap hari. Kualitas tidur juga perlu diperhatikan.

  6. Konsumsi cukup air

    Jamaah haji rentan mengalami dehidrasi, sebab cuaca cukup panas di tanah suci. Karena itu, konsumsi air yang cukup bisa melindungi Anda dari dehidrasi.

  7. Membawa obat-obatan pribadi

    Jika menderita penyakit tertentu, Anda perlu membawa obat-obatan pribadi. Sebab, Anda tentu harus minum obat setiap hari, bukan? Jadi, bawalah obat-obatan tersebut selama menjalankan ibadah haji. 

Ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan saat hendak menjalankan ibadah haji, salah satunya yaitu persiapan kesehatan. Anda tidak boleh mengabaikannya. Dengan menjalankan kiat-kiat di atas, Anda diharapkan dapat menunaikan ibadah dengan lancar tanpa gangguan kesehatan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar