Sukses

Kenapa Wanita Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih?

Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dibandingkan pria.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami infeksi saluran kemih sekali dalam seumur hidupnya. Keluhan seperti nyeri saat berkemih, tidak puas saat berkemih, dan sering buang air kecil sering kali ditemukan pada mereka yang didiagnosis penyakit ini, termasuk pada wanita.

Dibandingkan pria, wanita memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Biasanya penyakit ini menyerang wanita usia 20–40 tahun. Berikut beberapa alasan kenapa wanita lebih rentan:

  • Secara anatomis, saluran uretra pada wanita lebih pendek dan lurus serta dekat dengan anus, sehingga lebih mudah bagi bakteri untuk menembus dinding pertahanan bahkan ke saluran kemih hingga ginjal.

  • Wanita mengalami siklus menstruasi. Pada keadaan ini, saluran kemih mudah terinfeksi karena perubahan level hormon.
  • Selama masa kehamilan, sistem pengeluaran urine dari ginjal ke kandung kemih lebih besar sehingga terjadi keterlambatan dalam pengosongan kandung kemih. Hal ini menyebabkan infeksi lebih mudah terjadi, dan tidak menutup kemungkinan meluas sehingga menyebabkan infeksi pada ginjal.

  • Pada wanita yang lebih tua, jaringan pada saluran uretra dan kandung kemih lebih tipis sehingga berisiko meningkatkan kemungkinan infeksi saluran kemih.

Meski demikian, bukan berarti pria dengan mudah terbebas dari infeksi yang satu ini. Masih ada hal-hal lain yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi saluran kemih, yaitu hubungan seksual yang aktif, mengidap penyakit kronis, penggunaan kateter urine, dan sebagainya. Kuncinya adalah selalu menjaga kebersihan area vital dan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar