Sukses

Kiat Makan Sehat saat Iduladha

Menjaga pola makan sehat sangat penting, termasuk saat libur di Hari Raya Iduladha sekalipun.

Klikdokter.com, Jakarta Iduladha merupakan salah satu hari besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain beribadah, wisata kuliner bersama keluarga menjadi hal yang paling dinanti. Mulai dari ketupat, rendang, opor ayam, hingga gulai kambing, semuanya menggiurkan. Namun, sebaiknya Anda tetap menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah kiat makan sehat yang dapat Anda terapkan saat Iduladha.

Hindari makan yang terlalu ‘berat’

Tak afdal rasanya jika tidak mencicipi ketupat, opor ayam atau gulai kambing saat hari raya Iduladha. Tapi, makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Jika Anda makan berlebihan, maka akan timbul rasa kurang nyaman di perut, begah, kembung atau mual.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus menghindari deretan makanan nikmat tersebut. Kuncinya adalah makan dalam porsi kecil namun sering. Terlebih lagi jika Anda memiliki sakit maag, ada baiknya makan dalam jeda singkat (3–4 jam), daripada menerapkan jeda yang lama (6-7 jam).

Pilih bahan makanan yang lebih sehat

Anda gemar menyiapkan hidangan hari raya sendiri untuk keluarga? Olahan makanan bisa Anda siasati menjadi lebih sehat. Contohnya dalam membuat opor, Anda bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak. Atau saat membuat rendang, Anda bisa memilih daging has dalam yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan daging has luar

Selain hidangan khas hari raya, Anda bisa menambahkan menu salad sayur atau buah yang tentu saja memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat.

Perhatikan cara memasak

Makanan apapun yang digoreng seperti tahu, bakwan atau tempe goreng memang menjadi camilan nikmat saat berkumpul bersama keluarga. Namun, daripada menggoreng, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih cara memasak yang lebih sehat seperti dipanggang, direbus atau dikukus.Untuk ikan atau sayuran, hindari merebus terlalu lama dengan suhu tinggi, karena dapat membuat kandungan vitamin dan mineral banyak yang hilang.

Nah, sebelum Anda melahap berbagai hidangan Iduladha yang terhidang di meja, yuk, terapkan kiat makan sehat di atas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar