Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

Sederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 10 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Teripang atau disebut juga timun laut ternyata memiliki beragam khasiat. Apa saja manfaat teripang laut bagi kesehatan? Yuk, simak di sini.

Sederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

Teripang atau timun laut adalah hewan yang hidup di dasar laut dan dapat dikonsumsi. Meski terdengar asing, teripang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Teripang memiliki bentuk yang khas, yaitu bertubuh panjang, lunak, dan tidak memiliki tulang belakang. Hewan laut ini kaya akan protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, hingga vitamin.

Tak cuma memiliki banyak kandungan nutrisi, simak juga manfaat teripang berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teripang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena timun laut mengandung asam amino seperti glisin dan asam glutamat. Kedua kandungan ini diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa teripang bermanfaat mencegah kanker. Teripang mampu memerangi sel kanker di payudara, usus besar, kulit, paru-paru, prostate, dan pankreas.

Kandungan frondoside A pada teripang ditemukan dapat membantu melawan kanker. Selain itu glikosida triterpene pada teripang juga memiliki aktivitas antitumor.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menyatakan asupan protein yang tinggi sangat berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penelitian telah membuktikan, mengonsumsi teripang dapat meningkatkan asupan protein. Penelitian yang dilakukan oleh Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan protein yang ada di dalam teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sekitar 6 gram teripang sudah dapat memenuhi asupan protein minimum harian yang dibutuhkan.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Teripang mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka. Selain itu, teripang juga mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Ternyata teripang bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri sendi, lho. Sebab teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai pelumas sendi, yaitu kondroitin sulfat.

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Teripang untuk Diabetes

6. Antimikroba dan Antijamur

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekstrak teripang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Escherichia Coli, Salmonella typhi, dan Staphylococcus aureus.

Selain itu studi lainnya menunjukkan teripang dapat melawan Candida albicans, yaitu jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Kesehatan hati dan ginjal ternyata dapat dijaga dengan mengonsumsi teripang. Penelitian yang dirilis oleh jurnal BioMed Research International menyimpulkan konsumsi ekstrak teripang hitam mampu mengurangi terjadinya stres oksidatif pada organ hati dan ginjal.

8. Mengurangi Serangan Asma

Khasiat teripang dapat membantu mengatasi serangan asma. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine menemukan konsumsi ekstrak teripang dapat mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma.

9. Menguatkan Tulang

Timun laut mengandung kalsium yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menguatkan tulang.

Selain itu, kandungan kolagen dalam teripang dapat membantu mempertahankan kadar kalsium yang tinggi dalam tulang sehingga meningkatkan kepadatan tulang.

10. Mengatasi Masalah Gusi

Berdasarkan studi dari Journal of Oral Science, pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang dapat meredakan kondisi seperti sakit gusi.

Masalah gusi berdarah dan plak gigi dapat berkurang ketika menggunakan pasta gigi dengan ekstrak teripang. Hal itu berlaku ketika dibandingkan dengan partisipan yang menggunakan pasta gigi tanpa ekstrak teripang.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Bulu Babi Bagi Kesehatan

11. Mencegah Keriput

Penelitian di Inggris yang dimuat dalam Prevention menemukan bahwa ekstrak teripang punya khasiat tersendiri bagi kulit. Ekstrak teripang mampu mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, dan kulit kering pada orang dewasa.

Teripang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun Anda harus berhati-hati mengonsumsinya, khususnya bagi orang dengan riwayat alergi terhadap makanan laut.

Teripang juga memiliki efek antikoagulan atau pengencer darah. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah harus berhati-hati apabila ingin mengonsumsi teripang karena dapat menimbulkan perdarahan dan memar.

Hindari konsumsi teripang selama dua minggu sebelum melakukan tindakan pembedahan agar mencegah terjadinya perdarahan berlebihan.

Ketahui informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Seafoodmakanan lautTeripangtimun laut

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter