Sukses

Sederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

Teripang adalah salah satu hewan dasar laut yang punya banyak manfaat. Mulai dari untuk meningkatkan imun hingga mengurangi serangan asma.

Teripang, atau disebut juga sebagai timun laut, merupakan salah satu makanan laut yang masih asing dan mungkin tidak terbiasa dikonsumsi bagi beberapa orang. Padahal, manfaat teripang untuk kesehatan sangat melimpah berkat kandungan nutrisinya yang tinggi.

Hewan laut ini memiliki bentuk yang khas, yaitu bertubuh panjang, lunak, dan tidak memiliki tulang belakang. Sejak dahulu teripang sudah digunakan sebagai bahan makanan.

Teripang yang cenderung hidup di dasar laut kaya akan protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, serta vitamin.

1 dari 3 halaman

Manfaat Teripang untuk Kesehatan

Memiliki kandungan yang cukup beragam, teripang ternyata sudah digunakan sejak dulu dalam pengobatan tradisional Cina. Berikut adalah manfaat teripang untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teripang adalah salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat teripang ini tak lepas dari kandungan asam amino di dalamnya, seperti glisin dan asam glutamat. Keduanya diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

2. Mencegah Kanker

Manfaat teripang untuk kanker telah didukung oleh beberapa hasil penelitian. Sebuah penelitian mengungkapkan, teripang mampu memerangi sel kanker pada payudara, usus besar, kulit, paru-paru, prostat, dan pankreas.

Kandungan teripang, yaitu frondoside A, ditemukan dapat membantu melawan kanker. Teripang juga mengandung glikosida triterpen yang memiliki aktivitas antitumor.

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan, asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa khasiat teripang adalah untuk meningkatkan asupan protein.

Selain itu, sebuah penelitian tentang teripang yang dilakukan oleh Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan bahwa protein yang terkandung di dalam teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sekitar 6 ons teripang sudah memenuhi asupan protein minimum harian yang dibutuhkan.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat teripang yang terkenal sejak dulu adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Teripang mengandung rantai asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka, serta mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

Artikel Lainnya: 3 Alasan Seafood Baik untuk Kesehatan

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Ternyata, manfaat teripang juga bisa menyembuhkan nyeri sendi, lho. Ini karena teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai ‘pelumas’ sendi, yaitu kondroitin sulfat.

6. Sebagai Antimikroba dan Antijamur

Anda juga tidak boleh ketinggalan dengan manfaat teripang yang satu ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekstrak teripang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, atau Staphylococcus aureus.

Studi lain juga menunjukkan bahwa teripang dapat melawan Candida albicans, jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Manfaat teripang untuk kesehatan hati dan ginjal juga besar. Dalam penelitian yang dirilis pada jurnal BioMed Research International, konsumsi ekstrak teripang hitam mampu mengurangi terjadinya stres oksidatif pada hati dan ginjal.

8. Mengurangi Serangan Asma

Manfaat teripang lainnya adalah dapat mengatasi serangan asma. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine ditemukan, konsumsi ekstrak teripang dapat mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma.

Artikel Lainnya: Ini Dia 5 Mitos Seputar Seafood

9. Menguatkan Tulang

Manfaat teripang untuk tulang juga penting, karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Selain itu, tingginya kandungan kolagen dalam teripang dapat membantu mempertahankan kadar kalsium yang tinggi dalam tulang, sehingga meningkatkan kepadatan mineral tulang.

2 dari 3 halaman

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Konsumsi Teripang

Khasiat teripang memang sangat beragam karena kandungannya yang bergizi tinggi. Tapi pada beberapa orang, mengonsumsi teripang ini bisa berbahaya sehingga harus diwaspadai. Misalnya, pada mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut.

Teripang juga memiliki efek antikoagulan (pengencer darah). Jadi, orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah harus lebih berhati-hati kalau ingin menyantap makanan ini, karena dapat menimbulkan perdarahan dan memar.

Untuk orang-orang yang akan melakukan tindakan pembedahan, sebaiknya hindari konsumsi teripang paling tidak 2 minggu sebelum tindakan yang dijadwalkan. Hal ini untuk mencegah perdarahan yang berlebihan.

Itulah beberapa manfaat teripang untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Tak hanya dapat menjadi menu makanan yang nikmat, teripang juga baik untuk tubuh Anda.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan laut dan tidak sedang menggunakan obat pengencer darah agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya.

[FY]

1 Komentar