Sukses

5 Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

Teripang adalah salah satu menu makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah manfaat teripang yang bisa Anda dapatkan.

Klikdokter.com, Jakarta Teripang adalah salah satu hewan laut yang dapat diolah menjadi menu makanan yang nikmat. Teripang yang cenderung hidup di dasar laut, kaya akan kondroitin sulfat, glikosida triterpen, protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, serta vitamin A, B1, B2, B3 dan C.

Berikut ini manfaat yang didapat dengan mengonsumsi teripang, yaitu:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Teripang adalah salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam amino, seperti glisin dan asam glutamat dalam teripang dapat menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

  2. Mencegah kanker

    Mengonsumsi teripang bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan, teripang mampu memerangi sel kanker pada payudara, usus besar, kulit, paru-paru, prostat, dan pankreas.

    Kandungan frondosida A yang ditemukan di teripang dapat membantu melawan kanker. Teripang juga mengandung sejumlah besar senyawa yang dikenal sebagai glikosida triterpen yang memiliki aktivitas antitumor.

  3. Menjaga kesehatan kardiovaskular

    Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan, asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa teripang akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan asupan protein.

    Selain itu, sebuah penelitian tentang teripang yang dilakukan oleh Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan bahwa protein yang terkandung di dalam teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya. Sedangkan, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sekitar 6 ons teripang sudah memenuhi asupan protein minimum harian yang dibutuhkan.

  4. Mempercepat penyembuhan luka

    Teripang mengandung rantai asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka serta mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi teripang atau ekstraknya bisa mempercepat penyembuhan luka.

  5. Mengatasi nyeri sendi

    Teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai ‘pelumas’ sendi, yaitu kondroitin sulfat. Mengonsumsi teripang dapat membantu mengatasi nyeri sendi pada pasien yang mengalami pengapuran sendi.

Jadi, itulah tadi beberapa manfaat kesehatan yang didapat tubuh bila mengonsumsi teripang. Tak hanya dapat menjadi menu makanan yang nikmat, teripang juga baik untuk tubuh.

[BA/ RVS]

1 Komentar