Sukses

Mau Sehat? Hindari Mengonsumsi Ini saat Perut Kosong

Hati-hati, jika mengonsumsi makanan, minuman dan obat ini saat perut kosong, karena kesehatan tubuh Anda bisa terganggu.

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu akan merasa sangat lapar bila melewatkan waktu makan dalam jangka waktu yang lama. Saat kesempatan makan tiba, Anda mungkin saja kalap menyantap makanan yang tersaji di meja makan. Padahal, ada beberapa makanan, minuman dan obat yang tak boleh dimakan ketika perut kosong. Apa saja?

  1. Teh dan kopi

    Minum kopi ketika perut kosong dapat meningkatkan keasaman di lambung. Akibatnya, Anda akan mengalami mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Sementara itu, minum teh saat perut kosong juga dapat meningkatkan rangsangan sekresi lambung.

  2. Alkohol

    Tanpa makanan di perut, alkohol dapat mengalir langsung ke aliran darah. Ketika alkohol berada di aliran darah akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengakibatkan perasaan hangat sementara.

    Alkohol berjalan melalui perut, ginjal, paru-paru, hati, dan kemudian ke otak. Makanan di dalam perut mampu memperlambat efek dari alkohol dan meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan pada organ tubuh.

  3. Obat antiinflamasi

    Obat seperti aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID) tidak dapat dikonsumsi saat perut kosong. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari masalah kesehatan yang serius seperti pendarahan lambung.

  4. Jeruk

    Jeruk adalah buah yang bersifat asam. Dalam kondisi asam lambung yang meningkat dan ditambahkan dengan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat sangat asam, maka keasaman yang terjadi dapat menyebabkan iritasi hingga perlukaan pada dinding lambung.

  5. Tomat

    Tomat mengandung asam tanin dalam kadar yang tinggi. Hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat keasaman perut. Pada penderita mag, tomat sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Pada orang yang tidak memiliki gangguan lambung, tomat boleh dikonsumsi kapan saja.

Jadi, itulah beberapa makanan, minuman dan obat yang harus dihindari saat perut kosong. Akan lebih baik apabila Anda dapat menjaga pola makan secara teratur dengan porsi yang cukup agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca artikel bertema sejenis di sini

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar