Sukses

Mata Merah usai Berenang, Bahayakah?

Usai berenang, mata kerap kali menjadi merah dan terasa mengganjal. Ternyata, terlalu sering mengalami hal ini dapat berbahaya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi seorang perenang profesional maupun perenang “musiman” saat liburan, pasti pernah mengalami mata merah usai berenang. Hal ini lazim terjadi sehingga membuat perenang kadang meremehkan dan menganggap mata merah usai berenang tidaklah membahayakan.

Bagaimana sebenarnya dampaknya pada mata?

Penyebab mata merah
Sering kali orang menyalahkan kandungan kaporit di air kolam renang sebagai penyebab mata merah. Kaporit merupakan senyawa kimia dengan komponen klorin yang berfungsi untuk membunuh kuman dan membersihkan kotoran yang bercampur dalam air kolam renang.

Kandungan klorin juga akan mengurai kotoran di air kolam renang yang berasal dari tubuh manusia, seperti keringat dan urine. Saat Anda menemukan air kolam renang berbau kaporit menyengat, sebenarnya bau tersebut berasal dari campuran antara klorin dengan kotoran-kotoran yang ada di air.

Klorin sendiri tidak menyebabkan mata menjadi merah, tetapi campuran klorin dengan kotoranlah penyebabnya. Bola mata memiliki lapisan tipis air mata yang menyelimuti bagian terluarnya. Lapisan ini menjaga mata tetap lembap dan jernih. Campuran klorin dapat merusak dan menghilangkan lapisan ini, sehingga mata menjadi merah dan tidak nyaman.

Mata merah, bahayakah?
Pada orang yang rutin berenang dan tidak memakai proteksi mata saat berenang, iritasi mata yang terlalu sering dapat berakibat serius.

Perenang rutin sering kali mengalami mata kering, akibat produksi air mata yang kurang dan kualitas air mata yang kurang baik. Gangguan ini dapat menyebabkan mata terasa mengganjal dan pandangan kabur.

Tanpa lapisan air mata sebagai proteksi, mata akan terpapar berbagai iritan dan kuman. Jika berenang rutin terus dilakukan dalam keadaan mata yang sudah terganggu, mata akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan dapat mengakibatkan berbagai penyakit (seperti konjungtivitis).

Untuk mencegah mata merah usia berenang, gunakan perlindungan seperti kacamata berenang. Jangan lupa untuk segera membasuh area mata dengan air bersih untuk membersihkan sisa klorin dan kotoran di area tersebut.

Anda juga dapat memakai tetes air mata buatan sebelum dan sesudah berenang untuk menjaga lapisan air mata tetap dalam kondisi baik. Dengan demikian, Anda tak perlu mengalami keluhan mata merah yang mengganggu.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar