Sukses

5 Fakta Tentang Miom yang Perlu Anda Tahu

Miom memang sudah tidak asing lagi di telinga para wanita. Simak 5 fakta tentang miom yang perlu Anda ketahui di bawah ini!

Klikdokter.com, Jakarta Miom banyak dialami oleh wanita usia lanjut. Oleh sebab itulah fakta tentang miom perlu digaungkan sesering mungkin. Pada wanita usia reproduksi miom muncul sebesar 20% dari ukuran utuh dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin.

Sedangkan, pada wanita > 35 tahun ditemukan sekitar 40-50% dari ukuran utuhnya. Mioma bervariasi di dalam ukuran dan jumlah.

Berikut adalah fakta mengenai miom yang perlu Anda ketahui:

  1. Miom berbeda dengan kista

    Miom merupakan tumor sedangkan kista adalah kantung yang berisi cairan. Keduanya memang tidak menimbulkan gejala, sehingga seringkali diangap remeh. Namun, pada kondisi tertentu miom dapat menimbulkan keluhan sehingga harus ditangani.

  2. Masalah ketidaksuburan dan kehamilan

    Miom sering dikaitkan dengan masalah ketidaksuburan. Padahal, hal ini bergantung pada jumlah, ukuran dan letak dari miom itu sendiri di organ reproduksi wanita.

    Selain itu, miom yang muncul pada masa kehamilan juga bisa berpengaruh terhadap meningkatnya risiko terjadinya kelahiran prematur, pertumbuhan janin terhambat dan lepasnya plasenta secara tiba-tiba.

    Walaupun kedua masalah ini jarang ditimbulkan, Anda tetap perlu waspada.

  3. Tidak selalu harus dioperasi

    Miom dapat ditangani dengan tindakan non-bedah, yakni dengan pemberian terapi hormonal. Dengan terapi ini diharapkan miom akan mengecil dan menghilang seiring berjalannya waktu.

  4. Angkat rahim

    Walau jarang terjadi, miom yang sudah sangat banyak dan mengganggu dapat diindikasikan sebagai alasan pengangkatan rahim. Hal ini tentunya sangat menjadi pukulan bagi wanita yang masih ingin memiliki anak.

  5. Gejala paling sering adalah gangguan menstruasi

    Miom yang kecil dan sedikit umumnya tidak menimbulkan gejala sehingga seringkali tidak terdiagnosis. Namun, gejala yang paling sering ditimbulkan dan dikeluhkan wanita tentang miom adalah gangguan menstruasi.

    Gangguan ini dapat berupa siklus menstruasi yang tidak teratur, kadang disertai nyeri perut yang cukup mengganggu.

Beberapa hal di atas merupakan fakta tentang miom yang perlu Anda ketahui. Jika mengeluhkan adanya gejala miom seperti di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat.
[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar