Sukses

Ada Pecahan Kaca dalam Garam Dapur? Ini Penjelasan Badan POM

Badan POM membantah bahwa tidak ada kandungan pecahan kaca dalam garam dapur.

Klikdokter.com, Jakarta Baru-baru ini beredar viral penemuan garam yang diduga mengandung pecahan kaca atau beling di Kalimantan Tengah. Apa kata Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)?

Badan POM membantah hal itu. Melalui akun resminya menjelaskan proses pembuatan kristalisasi garam akan menghasilkan Kristal NaCl berbentuk kubus dan ketika dihaluskan kristal akan pecah menyerupai bentuk pecahan kaca.

Badan POM telah melakukan pengujian laboratorium terhadap sejumlah merek garam konsumsi khususnya yang diisukan mengandung pecahan kaca. Hasilnya, garam terlarut sempurna di dalam air dan tidak ditemukan mengandung pecahan kaca.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya, Hardaningsih mengungkapkan, telah menggelar inspeksi mendadak untuk menguji sampel garam yang diduga mengandung pecahan kaca di laboratorium. Seperti dikutip dari Liputan6.com Hardaningsih mengatakan bahwa semua hasil pengujian sampel garam tidak ada yang mengandung kaca.

Dari uji laboratorium, garam-garam itu juga sudah memenuhi tiga parameter pengujian. Hasilnya sudah memenuhi syarat semua: kadar air, NaCL dan kadar yodiumnya aman untuk dikonsumsi.

Karena itu, Hardaningsih mengharapkan masyarakat untuk lebih teliti dan selektif terhadap kabar maupun informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Saya imbau agar tidak menyebarkan informasi hoaks karena dari informasi itu dapat meresahkan masyarakat dan juga dapat memberikan dampak bagi produsen dan konsumen,” katanya.

Bantahan dari Badan POM tersebut membuktikan bahwa tidak ada pecahan kaca dalam garam dapur. Nah kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menambahkan garam dapur ke dalam masakan.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar