Sukses

Kenapa Tubuh Mudah Lelah setelah Terkena Sinar Matahari?

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa tubuh Anda mudah lelah setelah terpapar sinar matahari.

Klikdokter.com, Jakarta Beraktivitas di bawah terik matahari kerap membuat tubuh lebih mudah lelah dan lemas. Padahal, sinar matahari adalah sumber vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa yang salah?

Nyatanya terlalu lama terpapar sinar matahari memang dapat membuat tubuh merasa sangat lelah. Namun hal itu bukan karena overdosis vitamin D atau semacamnya.

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa tubuh Anda mudah lelah setelah terkena sinar matahari:

  1. Tubuh berusaha menjaga temperatur

    Saat Anda kepanasan, tubuh akan bekerja ekstra untuk menjaga temperatur tetap dingin. Hal itu pun berlaku saat Anda kedingingan. Karena alasan itu, Anda akan merasa lelah dan mengantuk.

    Menurut seorang ahli dermatologi di Marmur Medical, New York City, Melissa Levin, M.D., kelelahan tak hanya terjadi saat Anda melakukan aktivitas yang memicu keringat. Anda juga bisa merasa lelah, bahkan jika hanya duduk diam di bawah sinar matahari.

    Tubuh akan bekerja menjaga kestabilan suhu, kata Melissa. Jadi saat udara terlalu panas, tubuh akan bekerja lebih keras. Dan itu
    melelahkan karena memerlukan banyak energi.

  2. Dehidrasi

    Faktor lain yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi akan semakin menjadi-jadi jika Anda terlalu lama berada di bawah terik matahari. Sebab saat tubuh berusaha menjaga suhu, saat itu juga Anda kehilangan banyak cairan.

    Menurut seorang ahli di Brigham and Women's Hospital in Boston, MA, Sogol Javaheri, M.D., Anda bisa memperkecil risiko dehidrasi dengan banyak minum air putih. Jika dirasa kurang, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asin.

  3. Kulit terbakar

    Terlalu lama berada di bawah sinar matahari, terlebih lagi tanpa perlindungan apa pun, membuat kulit Anda rentan terbakar. Kulit yang terbakar sinar matahari akan terasa sangat menyakitkan, dan membuat Anda mudah lelah.

Hal itu, kata Dr. Levin, terjadi karena kulit yang terbakar matahari juga mengacaukan suhu tubuh dan memicu dehidrasi.

Itulah 3 alasan mengapa tubuh mudah lelah setelah terpapar sinar matahari. Agar dampak buruk lain tidak terjadi, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih yang cukup dan menggunakan tabir surya saat harus beraktivitas di bawah sinar matahari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar