Sukses

Jangan Asal Makan! Inilah Porsi Sarapan yang Tepat

Takut kegemukan karena sarapan berlebihan? Ketahui porsi sarapan yang sesuai dengan kondisi Anda, di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan dapat mendatangkan sederet manfaat kesehatan. Namun untuk merasakan hal ini, Anda harus mengetahui porsi sarapan yang tepat dan sesuai.

Cara termudah menentukan porsi sarapan tepat adalah dengan menyusun menu yang terdiri dari karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, protein dan serat. Dari semua zat gizi tersebut, berikut ini adalah porsi sarapan yang disarankan:

  1. Karbohidrat

    Anda bisa memilih sumber karbohidrat seperti nasi atau mi untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari. Bila Anda terbiasa makan nasi, porsi yang dianjurkan adalah 500 gram nasi dalam sehari.

    Sebanyak 100 gram nasi sama dengan satu cangkir atau satu kepalan tangan orang dewasa. Maka, Anda butuh 5 cangkir dalam sehari. Mulailah dengan satu setengah cangkir nasi di pagi hari, diikuti dengan dua cangkir nasi di siang hari, dan satu setengah cangkir nasi di malam hari.

  2. Buah dan sayur

    Anjuran yang baik untuk mengonsumsi buah adalah 150 gram. Ini setara dengan secangkir salad buah, yang terdiri dari satu apel, dua buah kiwi kecil atau setengah stroberi.

    Sementara untuk sayuran, anjuran yang disarankan adalah 400 gram. Anda bisa membaginya di waktu siang, sore, dan malam.

  3. Protein

    Satu atau dua telur rebus adalah pilihan sarapan yang ideal. Anda juga bisa memilih mengonsumsi 200 gram yoghurt tanpa pemanis, sepotong keju seukuran kotak korek api, atau segenggam kacang mentah.

    Kebutuhan harian protein tiap orang tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktivitas masing-masing. Pria rata-rata membutuhkan asupan protein 56 gram per hari. Sedangkan wanita sebanyak 46 gram per hari.

  4. Lauk-pauk

    Kelompok lauk-pauk dibagi menjadi dua jenis, yaitu hewani dan nabati. Dalam sehari, Anda perlu memenuhi kebutuhan gizi dengan 100-400 gram lauk-pauk nabati seperti tahu dan tempe.

    Untuk lauk-pauk hewani seperti telur, ikan, daging sapi, dan daging ayam, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 70-160 gram dalam sehari. Anda juga bisa mengombinasikan lauk-pauk hewani dan nabati dalam menu harian Anda.

Itulah anjuran yang bisa digunakan, agar porsi sarapan Anda sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda sudah tahu akan sarapan apa esok pagi?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar