Sukses

Cara Ini Terbukti Ampuh Usir Bau Badan

Bau badan sering membuat seseorang tidak percaya diri dalam melakukan segala macam aktivitas.

Klikdokter.com, Jakarta Pada dasarnya cairan keringat yang dihasilkan oleh tubuh tidak menimbulkan bau menyengat. Namun ketika bercampur dengan bakteri yang terdapat di kulit, keringat bisa menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Tubuh kita memiliki dua jenis kelenjar keringat utama yaitu, kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin paling banyak terdapat dalam tubuh dan letaknya dekat dengan permukaan kulit. Sementara kelenjar apokrin banyak terdapat pada bagian folikel rambut seperti telapak tangan, ketiak dan selangkangan.

Hal yang patut Anda waspadai yakni keluarnya kelenjar keringat apokrin. Jika terjadi demikian, lakukan hal berikut untuk usir bau badan yang diakibatkan oleh kelenjar keringat apokrin:

  1. Mandi

    Orang yang tidak mandi akan menimbulkan bau yang yang tidak sedap secara signifikan. Gunakan sabun untuk membuat minyak di kulit Anda larut dalam air. Mandi minimal satu kali sehari merupakan salah satu cara ampuh mencegah munculnya bau badan karena dapat mengurangi jumlah bakteri dalam tubuh. Pastikan tubuh Anda bersih dari bakteri terutama di bagian yang rentan terhadap keringat dan bakteri.

  2. Tetap Kering

    Bakteri cenderung berkembang biak di tempat yang basah atau lembap. Saat Anda berkeringat, keringkan bagian yang berkeringat. Tujuannya agar bakteri tidak bereaksi dengan keringat dan menimbulkan bau badan.

    Selain itu, penggunaan antiperspirant juga merupakan salah satu langkah untuk menjaga tubuh tetap kering. Antiperspirant berfungsi menghalangi keluarnya kelenjar apokrin sehingga mengurangi makanan untuk bakteri jahat. Pilihlah busana yang dapat menyerap kelembapan.

  3. Bersikap tenang

    Kelenjar apokrin dirangsang oleh stres, yang berarti orang yang cemas akan lebih berisiko menderita bau badan daripada yang orang yang bersikap tenang.

  4. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

    Selain keringat berlebih, makanan juga dapat menyebabkan aroma tubuh menjadi tidak sedap. Makanan seperti bawang putih dan bawang bombay adalah makanan yang aromanya bisa keluar melalui kulit Anda. Selain itu, beberapa obat anti depresan dapat meningkatkan produksi kelenjar apokrin.

Tak ada salahnya Anda menerapkan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas untuk usir bau badan. Dengan demikian, Anda dapat lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang banyak.

[DA/ RVS]

1 Komentar