Sukses

Sukses Diet Meski Tak Doyan Sayuran

Para ahli menyarankan untuk mengganti asupan makanan dengan sayuran saat diet. Bagaimana jika Anda tidak menyukai sayuran?

Klikdokter.com, Jakarta Meski tak menyukai sayuran Anda masih tetap bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Karena itu, dengan melakukan hal sederhana ini saat diet, dapat membantu Anda menurunkan berat badan:

  1. Olahraga

    Olahraga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang menjalani diet. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus menyeimbangkan antara jumlah kalori yang masuk dengan yang keluar, jangan sampai Anda menimbun lemak yang bisa menjadi cikal bakal kegemukan.

    Meski Anda memilih untuk tidak memasukkan sayuran ke dalam menu diet, Anda harus mengimbangi dengan berolahraga. Bakar kalori sama banyaknya dengan yang masuk ke dalam tubuh.

    Untuk menambah semangat, Anda bisa memilih satu jenis olahraga favorit. Namun, Bill Dorton, exercise physiologist dan director of group exercise and personal trainer di PurLife Fitness Center di Delray Beach, Florida menyarankan Anda untuk berolahraga dengan interval. Berpindah-pindah gerakan antara kardio dan latihan kekuatan.

  2. Camilan Sehat

    Umumnya Anda bisa mendapatkan serat dari sayuran. Namun selain sayuran, Anda bisa mendapatkan kandungan serat yang cukup dibutuhkan oleh tubuh dengan menjadikan buah-buahan sebagai camilan sehat.

    Karena, seperti sayuran, buah-buahan juga kaya vitamin dan mineral, hanya saja memiliki kandungan kalori yang sedikit lebih tinggi, dan banyak mengandung air. Untuk menghilangkan rasa jenuh saat memakan buah-buahan, Anda bisa menambahkan sumber protein seperti peanut butter atau keju cottage saat mengonsumsi buah.

    Namun hal yang perlu diingat yakni mendapatkan berat badan impian harus selektif dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh. Agar tetap sehat pilihlah buah-buahan yang memiliki kadar gula rendah seperti aneka berry, jeruk bali, dan apel.

  3. Catat apa yang Anda makan

    Sediakan satu buah buku kemudian tuliskan daftar makanan apa saja yang telah Anda konsumsi sepanjang hari. Hal ini bisa menjadi tolak ukur dan berfungsi untuk memantau diet yang sedang dijalani, sehingga mengetahui apakah Anda telah cukup makan atau kelebihan makan.

  4. Variasikan penyajian

    Bagaimanapun, sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk memenuhi asupan harian Anda. Mengonsumsi sayuran juga tidak memberikan timbunan kalori pada tubuh.

    Jika Anda termasuk orang yang pernah merasa ‘trauma’ dengan sayuran, seperti tidak menyukai rasa yang pahit atau berbau, coba untuk memvariasikan cara penyajian. Bisa jadi sayuran yang saat itu Anda makan tidak dimasak dengan benar sehingga menghasilkan rasa yang buruk.

Tips lain, jika Anda benar-benar tidak menyukai sayuran, cobalah untuk meminumnya. Anda bisa membuat segelas jus atau smoothies dari sayuran hijau yang ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Nah meksipun Anda tidak doyan sayuran, kini Anda tidak perlu lagi menjauhinya. Dengan menjalankan kiat di atas, Anda bisa tetap diet sambil menikmati sayuran dengan cara yang paling Anda sukai. Dan tetap kombinasikan dengan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar