Sukses

Sering Mengigau? Mungkin Anda Mengidap Penyakit Ini

Sering mengigau ternyata berkaitan dengan penyakit tertentu. Cek faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Berbicara saat tidur atau mengigau adalah sesuatu yang pernah dialami banyak orang. Biasanya orang yang sering mengigau tidak menyadari perilaku mereka sampai ada yang mengatakan kepadanya.

Mengigau saat tidur sebenarnya wajar, tetapi jika terlalu sering mungkin perlu diwaspadai. Bisa jadi hal tersebut merupakan gangguan mimpi saat tidur yang disebabkan adanya masalah pada fungsi saraf otak.

Kondisi ini disebut dengan rapid eye movement (REM). Isi igauan bisa melibatkan dialog yang rumit atau monolog, omong kosong, atau hanya sekadar bergumam.

Mengigau juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami demam, kurang tidur, depresi, dan mengonsumsi alkohol atau obat-obatan sebelum tidur.

Mengigau dan kaitannya dengan penyakit
Penyebab pasti dari gangguan mengigau sebenarnya belum diketahui. Namun, para ahli mengungkapkan bahwa kondisi tersebut dapat berhubungan dengan berbagai penyakit sistem saraf. Misalnya, penyakit Parkinson.

Sebuah studi di jurnal Frontiers in Neurology menyatakan, seseorang yang sering mengigau ketika bermimpi adalah tanda awal risiko terbentuknya penyakit demensia.

Walau tidak berbahaya, mengigau dapat menjadi tanda gangguan tidur yang lebih serius, seperti sleep apnea, parasomnia, atau melakukan tindakan seksual saat tidur.

Kebiasaan mengigau biasanya dapat hilang jika Anda meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Bagi kebanyakan orang, mengigau adalah fenomena singkat dan tidak diperlukan terapi apa pun.

Sebenarnya, berbagai bahaya di atas tidak perlu dikhawatirkan selama kebiasaan mengigau yang Anda alami tidak mengganggu kualitas tidur. Namun, bila Anda sering mengigau dan ini menghambat kualitas tidur, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar