Sukses

Kebotakan Dapat Terjadi karena Faktor Keturunan

Ternyata, rambut rontok dan kebotakan dapat diturunkan dalam keluarga. Berikut penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang akan mengalami kerontokan rambut, dan ini normal dalam batas tertentu. Namun, jika Anda menemukan pola kebotakan hanya di area tertentu atau rambut rontok dalam jumlah yang berlebihan, bisa jadi Anda mengalami kebotakan. Fakta lainnya, kebotakan ternyata dapat diturunkan dari orang tua Anda.

Penyebab & Tipe Kebotakan
Kebotakan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Wanita pasca melahirkan dapat mengalami kerontokan rambut, begitu juga seseorang yang sedang stres.

Beberapa penyakit dan obat-obatan juga dapat memicu kebotakan. Namun, dari berbagai penyebab kebotakan, yang paling sering ditemukan ternyata adalah karena keturunan.

Kebotakan umum dikaitkan dengan pria, padahal wanita juga dapat mengalaminya. Beberapa nama untuk tipe kebotakan yang menurun adalah male pattern baldness, female pattern baldness, dan androgenetic alopecia. Perbaikan kondisi kebotakan berbeda-beda pada setiap individu.

Pada sebagian orang, rambut yang rontok bisa tumbuh kembali dengan sendirinya. Akan tetapi, pada sebagian lainnya membutuhkan pengobatan dan perawatan khusus untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

Pada pria yang mengalami kebotakan menurun, tanda yang mudah dikenali adalah tepi rambut yang semakin mundur menjauhi dahi. Selain itu, kerap ditemukan pola penipisan di atas kepala.

Di sisi lain, wanita jarang mengalami penipisan pada tepi garis rambut. Yang umumnya disadari wanita saat mengalami kebotakan adalah rambut yang terlihat menipis secara signifikan dan garis belahan rambut yang melebar.

Dari Ayah atau Ibu?
Sebuah penelitian di Edinburgh, Inggris, menemukan bahwa kebotakan yang menurun pada pria memiliki sinyal genetik yang datang dari kromosom X (kromosom yang didapatkan dari ibu).

Dari temuan ini muncul dugaan bahwa kebotakan diturunkan oleh ibu dan bukan ayah. Meski demikian, asumsi tersebut masih perlu didukung oleh lebih banyak data dan penelitian.

Jika orang tua Anda mengalami kebotakan, risiko Anda untuk mengalami hal yang sama akan semakin besar tetapi tidak mutlak. Selain genetik, banyak faktor lain yang memengaruhi munculnya kelainan tersebut, seperti makanan, lingkungan, dan stres.

Untuk menghindari kebotakan dini, rawatlah rambut Anda dengan baik. Hindari terlalu banyak menggunakan hair dryer dan produk tata rambut seperti minyak atau gel rambut. Cuci rambut Anda dengan sampo secara rutin setidaknya 2 hari sekali dan selalu jalani pola hidup sehat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar