Sukses

Anak Sulung Biasanya Lebih Cerdas Dibanding Adiknya

Studi menunjukkan bahwa anak sulung cenderung lebih cerdas dibanding adik-adiknya. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa bahwa kakak adalah seseorang yang selalu mendapatkan segalanya? Seperti pekerjaan dengan penghasilan tinggi atau nilai-nilai ujian yang selalu teratas. Anda pun menyimpulkan bahwa anak sulung dalam keluarga adalah anak paling cerdas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para periset dari University of Edinburgh membenarkan hal itu.

Penelitian tersebut melihat sekitar 5.000 anak dan mendapati bahwa anak yang dilahirkan pertama dalam sebuah keluarga, memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi. Peneliti yakin ada banyak faktor yang memengaruhi hal itu, termasuk tugas dan tanggung jawab.

Tak dapat dimungkiri, seorang kakak tertua biasanya memiliki tugas-tugas yang lebih berat dan tanggung jawab terhadap adik-adiknya. Biasanya orang tua memang akan menanamkan hal-hal demikian kepada anak tertua.

Hal itulah yang kemudian menjadikan anak sulung memiliki kecerdasan emosional dan pola pikir yang lebih tajam. Mereka terbiasa untuk menghadapi satu masalah dan mencari solusinya. Tak jarang seorang kakak pun akan mengambil alih masalah adik-adiknya.

Pengaruh Pola Asuh
Penelitian yang dilakukan dalam jangka panjang itu juga menemukan, kecerdasaan seorang anak dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan orang tua. Sebagai orang tua baru, biasanya para pasangan muda akan mencurahkan segala kasih sayang ke pada anak pertama.

Mereka akan lebih banyak memberikan stimulasi mental kepada anak pertama, seperti mengajarkan anak sejumlah keterampilan, bermain musik, dan membacakan dongeng. Hal ini tentu berpengaruh untuk menjadikan anak lebih peka terhadap satu informasi.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang tua cenderung mengubah pola asuh dan kebiasaan-kebiasaan saat mengandung anak kedua dan seterusnya. Umumnya orang tua akan menjadi cukup sibuk, sehingga tak lagi intens dalam mendongeng sebelum jam tidur anak.

Saat itulah biasanya seorang kakak tertua mengambil alih peran orang tua. Dia akan berpikir keras untuk membahagiakan dan menemani sang adik bermain. Dan lagi-lagi, hal ini akan membuat sang kakak semakin cerdas.

Walau demikian, harus dipahami bahwa setiap orang lahir di dunia membawa keahlian masing-masing, baik itu anak sulung, anak tengah, atau anak bungsu. Jangan berkecil hati jika Anda merasa tak bisa seperti kakak tertua Anda. Coba cari hal lain atau mungkin bidang tertentu dimana Anda lebih cerdas dan dapat menonjolkan diri.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar