Sukses

Manfaat Terong untuk Tubuh Anda

Selain lezat diolah dalam beragam hidangan, terong memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak Anda sangka-sangka.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pasti sudah tak asing dengan terong. Sayuran jenis ini dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, disayur, hingga dibuat sambal.

Tak hanya menggugah nafsu makan, terong juga mengandung zat gizi yang lengkap. Sebut saja vitamin C, vitamin K, vitamin B6, magnesium, fosfor, serat, asam folat, dan sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin mengonsumsi terong:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

    Terong merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat ini sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, terong juga merangsang gerakan peristaltik, kontraksi otot polos yang memindahkan makanan ke seluruh tubuh.

    Semua ini pada akhirnya akan merangsang sekresi cairan lambung yang memudahkan penyerapan nutrisi. Di samping itu, serat kerap dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena dapat menghilangkan beberapa kolesterol buruk.

  2. Mencegah kanker

    Terong kaya akan vitamin C, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh karena merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Selain itu, kandungan nasunin dan asam klorogenat juga berfungsi sebagai penghambat terhadap radikal bebas.

    Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat menyerang sel sehat menjadi sel-sel yang berpotensi menyebabkan kanker.

  3. Meningkatkan kesehatan tulang

    Mengandung besi dan kalsium yang tinggi, terong dapat menjadi bagian integral dari kesehatan tulang. Konsumsi terong juga dihubungkan dengan penurunan risiko osteoporosis.

    Selain itu, jumlah kalium dalam terong membantu dalam penyerapan kalsium sehingga menjadikan terong baik untuk memelihara kesehatan tulang.

  4. Meningkatkan fungsi otak

    Terong adalah sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah lama dikenal sebagai penguat untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental. Tidak hanya bertahan melawan aktivitas radikal bebas, terong juga menjaga otak tetap aman dari racun dan penyakit serta meningkatkan aliran darah ke otak.

    Dengan banyaknya oksigen yang mengalir ke otak, hal ini juga merangsang jalur saraf untuk berkembang, meningkatkan kekuatan ingatan, dan pemikiran analitik.

  5. Mengendalikan kadar kolesterol

    Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di Brazil menunjukkan, rutin makan terong dapat membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Ini berkat senyawa asam klorogenat yang melimpah pada terong.

    Senyawa ini terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol “jahat” (LDL) dalam tubuh. Selain menurunkan LDL, asam klorogenat juga berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antikarsinogen.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi terong. Hal ini sekaligus membantah kabar yang beredar bahwa terong dapat menyebabkan impotensi. Jadi, masih ragu untuk makan terong?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar