HomeInfo SehatKesehatan UmumDeretan Kesalahan yang Bisa Bikin Tubuh Tidak Bersih
Kesehatan Umum

Deretan Kesalahan yang Bisa Bikin Tubuh Tidak Bersih

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 09 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa membuat tubuh kita tidak bersih. Apa saja?

Deretan Kesalahan yang Bisa Bikin Tubuh Tidak Bersih

Menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat. Tubuh yang tidak bersih dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya diare, penyakit kulit, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, pemerintah pun mencetuskan gerakan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih Sehat guna memastikan kebersihan tubuh masyarakat.

Meski kita tahu bahwa tidak menjaga kehigienisan tubuh adalah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan, nyatanya masih banyak juga yang lalai. Yuk, ketahui apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat mengundang kuman ke tubuh dan membuatnya tidak higienis:

1. Salah Menutup Mulut Saat Bersin 

Menutup mulut saat batuk dan bersin penting untuk dilakukan. Tapi tahukah Anda, banyak orang tidak melakukannya dengan benar?

Anda mungkin merasa sudah cukup hanya dengan menutup mulut dengan kedua tangan. Padahal, hal itu mungkin akan membuat telapak tangan Anda tak higienis. Saat bersin, sebaiknya gunakan selembar tisu yang untuk menutup mulut Anda.

Artikel Lainnya: Tak Hanya Bersih dan Segar, Mandi Juga Jaga Imunitas Kulit

2. Salah Menggunakan Eyeliner 

Menggunakan eyeliner dengan cara yang salah juga dapat membuat tubuh Anda, terutama di area mata, menjadi tidak higienis. Pasalnya, ujung pensil atau kuas eyeliner menyimpan banyak bakteri. 

Saat terlalu dalam menggunakan pensil eyeliner, Anda mungkin akan memindahkan bakteri itu ke dalam mata. Hal ini memicu berbagai macam penyakit dan masalah mata. Bahkan, pada tingkat paling parah bisa membuat Anda mengalami gangguan penglihatan yang berdampak pada kebutaan.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakan eyeliner hanya di bagian sekitar garis luar kelopak mata. Anda bisa mencoba untuk menerapkan metode tertentu untuk menghasilkan riasan yang sempurna.

3. Tidak Membersihkan Riasan Wajah

Jika Anda adalah seorang wanita dan sering malas membersihkan make up, hati-hati dengan berbagai keluhan yang mungkin muncul. Tidak membersihkan make up atau membersihkan dengan cara yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Timbulnya jerawat kerap jadi salah satu keluhan yang dialami akibat riasan wajah yang tidak dibersihkan dengan saksama.

Artikel Lainnya: Lakukan Strategi Ini Ketika Anak Malas Mandi

4. Salah Potong Kuku

Kuku di jari tangan dan kaki Anda bisa menjadi sarang kuman. Saat kuku terlalu panjang, maka ada kemungkinan banyak kuman dan bakteri yang ‘berdiam’ di situ. Sebaiknya rutin memotong kuku untuk menjaga kebersihan.

Namun jika Anda salah memotong kuku pun, ada kemungkinan tubuh malah menjadi tidak higienis. Cara memotong kuku yang salah dapat merusak struktur kuku atau mungkin kuku menjadi terlalu pendek. Saat itu terjadi, lebih besar kemungkinan untuk kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh. 

5. Terlalu Banyak Mengoleskan Kondisioner 

Memakai kondisioner setelah keramas mungkin bagian dari rangkaian perawatan rambut yang biasa Anda lakukan. Tapi, manfaatnya bisa tidak maksimal jika Anda menerapkan cara yang salah. Jika Anda terlalu banyak menggunakan kondisioner, misalnya, maka ini dapat menjadikan rambut dan tubuh tidak bersih.

Hal ini disebabkan kondisioner yang terlalu banyak dioleskan pada rambut dapat membuat rambut cepat kotor, rusak, kering dan mudah patah. Maka itu, gunakanlah kondisioner sesuai anjuran dan tidak berlebihan. 

Artikel Lainnya: Tak Disadari, Ini 8 Bagian Tubuh yang Jarang Dibersihkan

6. Malas Mengganti Alat Rawat Diri

Tahukah Anda bahwa sikat gigi, pisau cukur, bahkan tutup kepala mandi harus diganti secara berkala?

Ya, tidak mengganti alat rawat diri Anda secara rutin dapat membuat tubuh tidak bersih dan menimbulkan berbagai penyakit. Sikat gigi, misalnya, jika tidak rutin diganti maka bulunya yang sudah rusak dapat membuat manfaat sikat gigi menjadi tidak maksimal.

7. Asal-asalan dalam Mengeringkan Badan Sehabis Mandi

Apabila Anda tidak mengeringkan badan dengan saksama setelah mandi dan meninggalkan area yang masih basah, ada penyakit-penyakit yang bisa timbul akibat hal tersebut.

Misalnya jika bagian lipatan tidak dikeringkan dengan benar, area tersebut bisa rentan lembap dan menjadi sasaran empuk untuk tumbuhnya jamur. Selain itu, area tidak kering dapat menyebabkan timbulnya bau tak sedap padahal Anda sudah rutin mandi.

Ternyata, banyak kesalahan kecil yang tanpa disadari sering dilakukan dan berisiko membuat tubuh tidak higienis.

Ingatlah bahwa tubuh tidak bersih dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk itu, ubah kebiasaan Anda yang tidak sehat agar terhindar dari kuman dan penyakit.

[FY]

bakteri

Konsultasi Dokter Terkait