Sukses

4 Kesalahan yang Bisa Bikin Tubuh Tak Higienis

Melakukan kesalahan kecil ini bisa bikin tubuh Anda tak higienis. Apa saja kesalahan tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kehigienisan tubuh merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat. Namun, ternyata melakukan kesalahan kecil berikut ini dapat mengundang kuman datang ke tubuh Anda dan membuatnya tidak higienis:

  1. Salah menutup mulut saat bersin

    Menutup mulut saat batuk dan bersin penting untuk dilakukan. Tapi tahukah Anda beberapa orang tidak melakukannya dengan benar?

    Sebagian orang merasa sudah cukup hanya dengan menutup mulutnya dengan kedua tangan. Padahal hal itu mungkin akan membuat telapak tangan Anda tak higienis. Saat bersin, sebaiknya gunakan selembar tisu yang untuk menutup mulut Anda.
  2. Salah menggunakan eyeliner

    Menggunakan eyeliner dengan cara yang salah juga dapat membuat tubuh Anda, terutama di area mata, menjadi tidak higienis. Pasalnya ujung pensil atau kuas eyeliner menyimpan banyak bakteri.

    Saat terlalu dalam menggunakan pensil eyeliner, Anda mungkin akan memindahkan bakteri itu ke dalam mata. Hal ini memicu berbagai macam penyakit dan masalah mata. Bahkan pada tingkat paling parah bisa membuat Anda mengalami gangguan penglihatan yang berdampak pada kebutaan.

    Untuk menghindari hal tersebut, gunakan eyeliner hanya di bagian sekitar garis luar kelopak mata. Anda bisa mencoba untuk menerapkan metode tertentu untuk menghasilkan riasan yang sempurna.

  3. Memotong kuku

    Kuku di jari tangan dan kaki Anda bisa menjadi sarang kuman. Saat kuku terlalu panjang, maka ada kemungkinan banyak kuman dan bakteri yang ‘berdiam’ di situ. Sebaiknya rutin memotong kuku untuk menjaga kebersihan.

    Namun jika Anda salah memotong kuku pun, ada kemungkinan tubuh malah menjadi tidak higienis. Cara memotong kuku yang salah dapat merusak struktur kuku atau mungkin kuku menjadi terlalu pendek. Saat itu terjadi, lebih besar kemungkinan untuk kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

  4. Terlalu banyak kondisioner

    Memakai kondisioner setelah keramas bisa jadi merupakan bagian dari rangkaian perawatan rambut yang biasa Anda lakukan. Tapi hal ini bisa berbahaya jika Anda menerapkan cara yang salah.

    Alih-alih mendapatkan rambut dan kulit kepala yang bersih, terlalu banyak menggunakan kondisioner dapat menjadikan tubuh tak higienis. Sebab kondisioner yang terlalu banyak dioleskan pada rambut dapat membuat rambut cepat kotor, rusak, kering dan mudah patah.

Jadi harus bagaimana? Gunakanlah kondisioner sesuai anjuran dan tidak berlebihan.
Ternyata banyak kesalahan kecil yang tanpa disadari sering dilakukan dan berisiko membuat tubuh tak higienis. Ubah kebiasaan Anda agar terhindar dari berbagai kuman dan penyakit.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar