Sukses

Kiat Memilih Tabir Surya yang Tepat

Simak kiat berikut ini untuk memilih tabir surya yang tepat untuk kulit Anda

Klikdokter.com, Jakarta Dewasa ini beredar banyak sekali merek tabir surya dengan berbagai jenis. Tak jarang hal ini membuat banyak orang bingung untuk menentukan merek terbaik untuk digunakan sebagai pelindung kulit.

Mengingat semua tabir surya menawarkan manfaat yang sama-sama baik, bagaimana mengetahui tabir surya mana yang memang cocok untuk Anda? Berikut kiat memilih yang bisa Anda gunakan:

  1. Perlindungan Sinar UVA dan UVB

    Penggunaan tabir surya secara rutin dapat membantu mencegah kanker kulit dan penuaan kulit. Sinar UVA tidak begitu berbahaya karena tidak akan menyebabkan luka bakar pada kulit. Untuk itu, Anda dapat memastikan tabir surya yang Anda pilih dapat menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB.

    Biasanya dalam kemasan tertera “broad spectrum,” “multi-spectrum” atau “UVA/ UVB protection”. Food and Drug Administration mensyaratkan tabir surya dengan SPF di bawah 15 untuk membawa peringatan bahwa itu hanya melindungi dari sengatan matahari, bukan kanker kulit atau penuaan kulit.

  2. Jenis kulit

    Bila Anda memiliki kulit yang berjerawat atau berminyak, gunakan tabir surya yang ringan. Tabir surya berbentuk gel bisa menjadi alternatif, karena formulasi gel lebih ringan dan bekerja dengan baik. Selain itu, tabir surya yang memiliki kandungan zinc oxide dapat membantu melindungi pada kulit berjerawat.

    Untuk kulit sensitif, Anda bisa memilih tabir surya yang bebas hypoallergenic dan bebas aroma. Carilah titanium dioxide atau zinc oxide sebagai bahan aktif. Jika Anda mengalami iritasi atau alergi kulit, hindari tabir surya dengan alkohol, wewangian, atau pengawet. Jadi, kenali kondisi kulit Anda terlebih dahulu.

  3. Tahan Air

    Banyak macam tabir surya yang dapat Anda temukan di toko kosmetik. Pilihlah tabir surya yang tahan air karena dapat melindungi kulit Anda lebih maksimal.

    Kelebihan dari tabir surya yang tahan air adalah Anda tidak perlu khawatir dengan sinar matahari di saat berenang maupun berjemur. Sehingga, Anda tidak perlu berulang kali mengoleskannya pada kulit.

  4. Tekstur

    Tidak ada salahnya mencoba sedikit tabir surya yang diinginkan sebelum Anda membeli. Oleskan sedikit pada tangan, apakah teksturnya meresap atau menyatu dengan kulit.

Jangan sampai Anda memilih tabir surya yang meninggalkan noda putih di kulit. Perlu diperhatikan juga, tekstur tabir surya yang berminyak dan lengket juga tidak terlalu bagus untuk kulit.

Tabir surya merupakan bagian penting dari upaya melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar