Sukses

Kapan Kista Dianggap Perlu Dioperasi?

Kista umumnya tidak berbahaya. Namun pada beberapa kasus, kondisi ini memerlukan tindakan operasi agar tidak menimbukan komplikasi.

Klikdokter.com, Jakarta Kista merupakan kantung kecil berisi cairan yang biasanya bersifat jinak. Meski tergolong tidak berbahaya, pada kondisi tertentu kista harus ditangani dengan cara operasi.
Perlu atau tidaknya tindakan operasi sangat bergantung pada gangguan yang ditimbulkan oleh kista itu sendiri. Beberapa indikasi yang mengharuskan kista untuk dioperasi, antara lain:

  1. Perut semakin membesar
  2. Nyeri hebat di perut atau panggul
  3. Nyeri saat berhubungan intim
  4. Mual muntah terus-menerus
  5. Sesak napas

Selain hal-hal di atas, perlu atau tidaknya kista dioperasi juga bergantung pada:

  • Ukuran

    Jika ukuran kista lebih dari 5 cm, maka tindakan operasi perlu dilakukan. Apalagi jika saat pemeriksaan ukuran kista membesar dengan cepat.

  • Jenis

    Beberapa jenis kista hanya tinggal dikeluarkan saja cairannya. Namun ada pula yang harus diangkat utuh.

  • Letak

    Kista yang letaknya mengganggu fungsi reproduksi wanita, terutama pada mereka yang berencana memiliki anak, biasanya dianjurkan untuk untuk dioperasi.

Meski tidak menimbulkan keluhan yang berarti, kista sesungguhnya merupakan kondisi medis yang tidak boleh diremehkan. Sebab kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesuburan, hingga mengganggu kualitas hidup.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar