Sukses

Kosmetik Glitter, Aman atau Tidak?

Kosmetik glitter memang menambah efek mewah pada riasan wajah. Namun, adakah efek sampingnya?

Klikdokter.com, Jakarta Kosmetik glitter sering diaplikasikan untuk menunjang penampilan agar tampak lebih sparkling atau gemerlapan dan glamor. Namun, jenis kosmetik ini ternyata dapat berbahaya jika produk yang Anda pilih tidak aman.

Kosmetik glitter terbuat dari bahan dasar berupa kertas mika atau kertas minyak yang dapat memberikan efek mengilap. Kertas ini bersifat nontoksik bagi kulit sehingga cenderung aman untuk kosmetik.

Kemudian, kertas ini dipotong-potong menjadi ukuran yang sangat kecil dan ditambahkan pigmen warna khusus untuk kosmetik.

Ada yang tidak menyarankan kosmetik glitter, tetapi ada juga yang mengizinkan dengan alasan keamanan yang sudah teruji. Meski demikian, ada saja bahaya yang dapat terjadi jika Anda tidak tepat dalam menggunakan serta memilih produknya.

Bayangkan, kemasukan debu yang berukuran sangat kecil saja dapat membuat mata perih dan mengganjal. Apa jadinya jika mata kemasukan partikel yang lebih besar seperti kosmetik glitter?

Selain iritasi, Anda juga berisiko mengalami luka pada kornea mata. Rusaknya kornea mata ini dapat berujung pada kebutaan permanen.

Untuk mencegah hal buruk tersebut, Anda harus cermat dalam memilih produk kosmetik glitter. Pilihlah kosmetik glitter dengan partikel kecil dan tidak tajam.

Jangan lupa untuk memeriksa label serta bahan-bahan dasar di dalamnya sebelum membeli. Apalagi bahan kimiawi yang terkandung pada kosmetik glitter dapat mengiritasi mata dan menyebabkan infeksi serius.

Selain itu, hindari menggosok-gosok mata karena dapat menyebabkan partikel kosmetik glitter masuk ke dalam mata. Sudah tahu, kan, risikonya jika mata kemasukan partikel kosmetik glitter?

Setelah menggunakan kosmetik glitter, bersihkan glitter dengan pembersih riasan mata yang berbahan dasar minyak. Tuangkan pada kapas terlebih dahulu. Jika masih menempel pada bulu mata, bersihkan dengan cotton bud atau cotton swab.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan, bagaimana cara aman menggunakan kosmetik glitter untuk menambah kecantikan?

[RS/ RVS]

1 Komentar