Sukses

Kosmetik Glitter, Aman atau Tidak?

Kosmetik glitter memang menambah efek mewah pada riasan wajah. Namun, adakah efek sampingnya?

Kosmetik glitter terbuat dari pigmentasi aluminium yang amat kecil dan sejenis plastik bernama polyethylene terephthalate (PET), yang ukurannya mampu memantulkan cahaya yang gemerlap. Inilah yang membuat kosmetik glitter tampak menarik untuk kita.

Beberapa studi menyatakan bahwa glitter untuk make up banyak disukai, karena menipu pikiran kita dengan ilusi sedang melihat air yang mengilap. Namun, bagaimana sebenarnya efek kosmetik glitter untuk kesehatan? 

1 dari 3 halaman

Risiko Kesehatan Penggunaan Kosmetik Glitter

Tahukah Anda, produk glitter yang kita buang akan berujung ke saluran air dan terkonsumsi oleh binatang di laut? Karena glitter tampak seperti plankton, maka sebagian besar ikan akan tertarik olehnya.

Bahayanya, glitter memiliki ujung yang tajam dan berpotensi untuk merobek saluran pencernaan ikan. Kemudian, seperti lingkaran setan, ikan akan dikonsumsi oleh manusia, sehingga secara tidak langsung manusia juga ikut mengonsumsi plastik.

Artikel Lainnya: Ini Bahayanya Jika Pakai Kosmetik Oplosan

Ketika Anda menggunakan glitter yang berukuran mikro partikel (sangat kecil) yang sering kali bisa didapatkan di dalam spray rambut maupun tubuh selain dari make up yang dioleskan di wajah, Anda bisa menganggap bahwa partikel tersebut tidak berbahaya karena ukurannya.

Namun, karena ukurannya kecil, risikonya masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, bahkan luka pada kulit Anda pun lebih besar. Tentu Anda tidak ingin ada plastik yang amat kecil dan sulit untuk disaring masuk ke dalam tubuh Anda, bukan?

Terdapat juga elemen glitter di dalam beberapa merek masker wajah. Nah, glitter ini justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif karena bersifat kasar, sehingga menjadi bertolak belakang dengan manfaat yang seharusnya didapat dari menggunakan masker tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Aman Pakai Kosmetik Glitter

Kita memang harus berhati-hati dalam menggunakan kosmetik glitter maupun make up lainnya, terutama yang rentan masuk ke dalam mata. Sering kali kosmetik glitter menjadi penyebab utama dari iritasi bahkan infeksi kornea mata, khususnya bagi mereka yang menggunakan lensa kontak.

Artikel Lainnya: Bahaya di Balik Penggunaan Kosmetik Setiap Hari

Semakin besar atau banyaknya benda asing yang menggores lapisan luar mata, Anda akan semakin merasa kelilipan. Berikut ini adalah tips supaya Anda tetap merasa aman ketika menggunakan kosmetik glitter:

  • Hanya gunakan kosmetik yang memang dirancang untuk digunakan di sekitar mata. 
  • Hindari produk yang tidak diuji terlebih dahulu atau mengandung zat kimia yang keras.
  • Jangan berbagi make up dengan orang lain, bahkan dengan keluarga maupun teman.
  • Pastikan bahwa produk glitter yang Anda gunakan telah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.
  • Hindari menggunakan glitter yang bukan diperuntukkan untuk wajah atau tubuh, seperti yang digunakan untuk kerajinan.
  • Bersihkan dengan pembersih wajah berbasis minyak, agar setiap partikel glitter dengan mudahnya terlepas dari kulit Anda.

Bergaya itu memang baik. Namun, pilihlah riasan yang sudah teruji aman untuk Anda gunakan dan tidak memberi polusi terhadap lingkungan sekitar. 

Apabila punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, konsultasikan dengan dokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter

[FY]

1 Komentar