Sukses

Kulit Anak Ini Terbakar Akibat Tato Henna

Lengan kanan gadis kecil bernama Madison itu memerah dan membengkak seperti luka bakar. Semuanya terjadi usai ia mendapatkan tato henna.

Klikdokter.com, Jakarta Madison Gulliver, seorang anak berusia tujuh tahun, mengalami hal mengerikan usai mendapatkan tato henna. Lengan kanan gadis kecil asal Inggris itu memerah dan membengkak setelah ditato saat berlibur di hotel mewah di Hurghada, Mesir.

Sebelum mendapatkan tato tersebut, Madison sudah mendapatkan izin dari sang ayah, Martin. Tato pun dilukis di sepanjang lengan sampai siku kanan. Namun selang beberapa jam, kulit Madison justru berubah seperti luka bakar. Madison segera dilarikan ke rumah sakit.

Ternyata, tato yang dilukis di lengannya mengandung para-phenylenediamine. Kandungan ini biasanya terdapat di banyak produk kecantikan seperti krim matahari dan pewarna rambut, tetapi digunakan dalam dosis sangat kecil.

Para-phenylenediamine yang terdapat di pewarna rambut juga kerap menimbulkan reaksi alergi. Sebelum digunakan, seseorang sebenarnya dapat melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terdapat reaksi hipersensitivitas atau tidak.

Cara patch test cukup sederhana, yaitu sebagian kecil pewarna rambut dioleskan pada pergelangan tangan atau di belakang telinga, lalu tunggu selama 24 jam. Bentuk reaksi alergi dapat bervariasi, mulai dari kemerahan pada kulit hingga lesi pada kulit yang luas.

Bahkan, National Health Service (NHS) memperingatkan bahwa tato henna mengandung pewarna kimia yang memiliki racun tingkat tinggi.
Terkait peristiwa yang menimpa Madison, Martin sama sekali tidak menyadari akan bahaya dari tato tersebut. Ia juga menyayangkan pihak salon yang menggunakan bahan kimia berbahaya pada anak-anak dan tidak memberikan peringatan di brosur.

Martin akhirnya membawa Madison berobat ke St. Mary’s Hospital sebanyak lima kali. Dari rumah sakit itu, Madison dirujuk ke spesialis luka bakar di Salisbury District Hospital, Inggris. Dokter memutuskan untuk mengangkat kulit yang lecet, agar kulit yang terbakar dan melepuh di lapisan bawahnya dapat diobati.

Kini, gadis kecil itu harus memakai perban setidaknya selama enam bulan. Hal tersebut bertujuan untuk mengecilkan bekas luka akibat tato henna di sepanjang lengan kanannya.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar