Sukses

Benarkah Cat Rambut Warna Gelap Bisa Picu Kanker Payudara?

Sebuah penelitian menyebutkan cat rambut warna gelap dapat memicu kanker payudara.

Klikdokter.com, Jakarta Mempertahankan warna rambut yang itu-itu saja terkadang memang bisa membosankan. Akhirnya banyak orang yang memilih untuk mengecat rambut dengan warna-warna yang atraktif dan sesuai dengan suasana hati.

Namun, tahukah Anda bahwa cat rambut, terutama yang berwarna gelap, dikaitkan dengan kanker payudara?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Carcinogenesis, menilai antara kebiasaan mewarnai rambut dan risiko kanker payudara. Peneliti mengamati sekitar 4.000 wanita dari New York dan New Jersey, Amerika Serikat, yang berusia antara 20–75 tahun. Sebanyak 2.280 di antaranya menderita kanker payudara.

Setelah ditelisik, ternyata mereka yang terkena kanker payudara adalah orang yang aktif menggunakan pewarna rambut permanen. Setidaknya dua kali dalam satu tahun.

Berdasarkan penelitian itu, ditemukan bahwa wanita kulit putih yang menggunakan pewarna rambut yang gelap memiliki risiko kanker payudara hingga 74 persen. Sementara itu, wanita kulit hitam yang menggunakan pewarna rambut serupa 51 persen berisiko terkena kanker payudara.

Belum Terbukti
Meski telah memaparkan sedemikian hasil penelitian dan hipotesis, nyatanya penelitian itu belum terbukti. Seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian, Adana Llanos, bahkan menyebut bahwa penelitian itu tidak mutlak menunjukkan hubungan antara pewarna rambut dengan kanker payudara.

Ahli epidemiologi di Rutgers School of Public Health, New Jersey, tersebut mengatakan bahwa penelitian ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan seseorang. Namun, ia tak menutup kemungkinan jika pewarna ternyata berhubungan langsung dengan kanker payudara.

"Temuan kami tidak semata-mata bahwa menggunakan pewarna rambut akan menyebabkan wanita terkena kanker payudara. Kenyataannya, kita secara teratur menghadapi berbagai eksposur berbahaya, yang tidak dapat kita kendalikan,” katanya.

Llanos menambahkan, hal yang paling penting selama Anda menggunakan bahan-bahan kimia pada tubuh adalah kewaspadaan.

"Banyak orang bertanya kepada saya, apakah saya memberi tahu wanita untuk tidak mewarnai rambut mereka. Saya tidak mengatakan itu. Hal yang saya pikir sangat penting adalah kita perlu lebih sadar akan jenis eksposur dalam produk yang kita gunakan," tuturnya.

Menurutnya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan antara cat rambut warna gelap dan kanker payudara. Meski demikian, tak ada salahnya Anda lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan digunakan ke tubuh.

[RS/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar