Sukses

Ternyata Warna Pakaian Bisa Bantu Cegah Kanker Kulit

Percayakah Anda bahwa warna pakaian tertentu dapat membantu mencegah kanker kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Warna baju yang Anda gunakan ternyata berkaitan langsung dengan tingkat proteksi kulit. Semakin gelap warna baju yang dipilih, semakin besar kemampuannya untuk mencegah kanker kulit.

Hal itu disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (25/8/2017). Menurutnya, jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, memilih baju berwarna gelap adalah cara paling jitu untuk menghindari dampak buruk dari serangan matahari.

Hal itu karena warna memiliki kemampuan untuk menyerap pantulan dari sinar matahari. "Sinar matahari dengan spektrum warna gelombangnya bisa diserap dengan warna-warna tertentu. Misalnya kuning atau hitam punya kemampuan yang berbeda," ujarnya. "Semakin gelap, semakin bisa menyerap range panjang gelombang.”

Hal sebaliknya juga berlaku bagi warna lain. Ia membandingkan pemilihan pakaian pada aktivitas outdoor yang dinilai kurang sesuai.

"Misalnya saat ke pantai kan kita maunya pakai baju putih, dan berbahan tipis. Padahal baju putih itu paling rendah proteksinya, apalagi kalau dibandingkan dengan pakai jeans gelap," urainya.

Srie berpendapat, memakai pakaian yang sesuai memiliki peran cukup penting dalam proteksi kulit. Ia menyarankan untuk memilih kain yang terbaik di tengah aktivitas luar ruangan yang super sibuk.

Jangan Lupakan Sunscreen

Mengunakan pakaian yang tertutup, topi, kacamata, dan pelindung lainnya dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memakai tabir surya (sunscreen).

Saat kulit Anda terlalu lama terpapar sinar matahari, akan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Pada setiap orang, rentang waktu yang dibutuhkan untuk terkena suatu penyakit sangatlah berbeda.

"Kembali ke tipe kulit dan warna kulit. Semakin gelap warna kulit, maka semakin lama penuaan kulit terjadi," kata Srie.

Kanker kulit, katanya, dapat dipicu oleh beberapa faktor. Seperti intensitas Anda terkena matahari, pola hidup, dan kurang sadar akan pentingnya menjaga kulit.

"Dianjurkan perlindungan kulit, termasuk kulit wajah dan tubuh sudah menjadi part of basic skin care. Bahkan sejak kecil," tutur Srie.

"Anak-anak dan bayi di atas 6 bulan harusnya sudah diberi sunscreen. Tentunya dengan produk yang khusus dan sesuai dengan kulit bayi dan anak," tambahnya.

Cegah kanker kulit dengan rutin melakukan deteksi dini kanker kulit, atau dikenal sebagai SAKURI. Pastikan juga kulit tubuh Anda mendapatkan perlindungan yang sesuai.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar