Sukses

Wajib Tahu, Ini Penyebab Bayi Ngeces Berlebihan

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab bayi ngeces berlebihan. Beberapa di antaranya adalah penyakit bawaan. Kenali dan waspadai dari sekarang!

Bayi ngeces merupakan hal yang wajar ditemukan. Tak jarang, hal ini terkadang membuat orang tua kebingungan, apalagi jika air liur bayi keluar dengan volume berlebihan.

Ngeces juga cukup merepotkan, karena orang tua perlu mengganti baju si kecil berkali-kali. Apa yang menjadi penyebab bayi ngeces? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Perkembangan Bayi Normal

Pada dasarnya, air liur yang keluar dari mulut bayi alias ngeces merupakan keadaan yang lazim ditemukan. Keadaan ini umumnya terjadi saat si kecil berusia 3 bulan, karena kelenjar liur mulai teraktivasi.

Seiring dengan usia, bayi akan mulai memasukkan tangan ke mulutnya dan ini akan merangsang produksi air liur berlebihan.

Sayangnya, bayi belum memiliki kemampuan menelan air liurnya tersebut sehingga malah menetes keluar mulut.

2. Tumbuh Gigi

Bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi pertama pada usia 6 hingga 8 bulan. Hal ini juga dapat menjadi penyebab keluarnya air liur bayi secara berlebihan.

Pertumbuhan gigi menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan gusi. Hal inilah yang akan merangsang pengeluaran liur pada bayi.

Artikel Lainnya: Anak Sering Ngiler, Normal Gak Sih?

2 dari 4 halaman

3. Peradangan Rongga Mulut

Peradangan dalam mulut dapat terjadi akibat sariawan, jamur pada lidah atau mulut, dan hal-hal lainnya.

Jika penyebab peradangan pada mulut tersebut dapat diatasi dengan baik, produksi air liur bayi bisa berkurang.

4. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat membuat produksi air liur bayi berlebihan. Keadaan tersebut juga akan membuat si kecil enggan menelan liurnya, karena terasa nyeri.

Hal inilah yang kemudian membuat air liur menumpuk dalam rongga mulut, sehingga si kecil akan ngeces.

Artikel Lainnya: Si Kecil Tumbuh Gigi, Berikan Teether atau Biskuit Bayi?

3 dari 4 halaman

5. Gangguan Saraf

Gangguan saraf seperti cerebral palsy dapat bergejala ngeces berlebih pada bayi. Hal ini terjadi karena kondisi tersebut mengganggu refleks menelan pada si kecil.

Cerebral palsy merupakan kelainan saraf yang utamanya melibatkan fungsi motorik kasar. Kelainan ini disebabkan oleh adanya kerusakan di otak.

6. Gangguan Mental

Penyebab bayi sering mengeces lainnya adalah gangguan mental, seperti pada anak sindrom down.

Fakta menyebut, 10 persen anak dengan kondisi tersebut cenderung mengeluarkan air liur berlebih dari mulutnya.

Penyebabnya adalah keterlambatan perkembangan kemampuan mengunyah dan menelan, serta penutupan bibir yang tidak sempurna.

Bayi ngeces umumnya terjadi akibat kondisi normal dan dapat “sembuh” dengan sendirinya.

Namun, orang tua tetap perlu waspada akan setiap kemungkinan, apalagi jika bayi ngeces disertai dengan gejala-gejala lainnya.

Jika Anda curiga bayi ngeces disebabkan oleh hal-hal yang berbahaya, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam.

Pastikan pula Anda mengunduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta kesehatan lainnya.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar