Sukses

Konsumsi Daun Katuk dapat Memperlancar Produksi ASI?

Konon, konsumsi daun katuk secara rutin dapat memperlancar produksi ASI. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Menyusui merupakan cara paling alami yang dilakukan oleh ibu guna memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, untuk membantu tumbuh kembangnya. Namun, sebagian besar ibu kerap berhenti menyusi lantaran produksi ASI yang kurang dan tidak mencukupi untuk sang bayi.

Untuk menyiasati hal tersebut, berbagai bahan makanan dianjurkan untuk ibu menyusui, salah satunya dengan mengonsumsi daun katuk. Beberapa penelitian menunjukkan fakta bahwa daun katuk memiliki sifat galaktogogue yang dapat memperlancar ASI.

Hal ini terjadi karena daun katuk dapat meningkatkan pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin yang berperan penting dalam produksi dan pengeluaran ASI. Karena itu, seorang ibu menyusui yang mengonsumsi ekstrak daun katuk dapat memperlancar produksi ASI hingga 50%.

Tak hanya bersifat galaktogogue, daun katuk juga mengandung zat gizi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan asam folat. Zat gizi tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melengkapi nutrisi ibu menyusui.

Namun memperlancar ASI tak cukup hanya dengan mengonsumsi daun katuk, dibutuhkan peran aktif sang ibu untuk rutin memberikan ASI. Pasalnya, hisapan yang dilakukan bayi dapat memicu pengeluaran ASI yang lebih banyak.

Karena itu, usahakan konsumsi daun katuk secara rutin dibarengi dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama untuk memperlancar produksi ASI yang melimpah.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar