Sukses

Rambut Rontok? Jangan-Jangan karena Sirosis Hati

Merasa rambut rontok yang Anda alami sudah tidak wajar? Hati-hati, bisa jadi gara-gara sirosis hati.

Klikdokter.com, Jakarta Rambut rontok merupakan masalah yang pernah dihadapi hampir setiap orang. Selama kerontokan yang terjadi ringan, maka tidak ada yang perlu dicemaskan. Namun, jika sudah berlebihan dan terjadi secara terus menerus,Anda perlu mewaspadai sirosis hati.

Sirosis merupakan kondisi dimana sel-sel hati mengalami kerusakan secara permanen akibat berbagai sebab. Di Indonesia, sirosis hati sendiri paling banyak disebabkan oleh Hepatitis B, C dan D.

Umumnya, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini memang akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan peningkatan kekebalan tubuh. Tapi pada beberapa kasus, Hepatitis dapat berlanjut hingga menimbulkan kematian sel- sel hati dan berkembang menjadi sirosis.

Penyebab lain sirosis adalah perlemakan hati akibat kegemukan, diabetes, dan kolesterol. Selain perlemakan hati, sirosis juga bisa disebabkan karena kanker empedu, asupan alkohol berlebih, penyakit autoimun, dan beberapa sebab lain yang tergolong cukup langka.

Sirosis hati sangat berbahaya. Seperti yang Anda ketahui, hati memegang peranan penting dalam membuang racun, menghasilkan protein, serta mengatur berbagai hormon yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, termasuk kesehatan kulit dan rambut.

Maka tidak heran jika fungsi hati mengalami gangguan, pertumbuhan rambut pun ikut terganggu. Salah satu tandanya adalah kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan.

Jauh sebelum terjadi kerontokan rambut, ada tanda- tanda sirosis lain umumnya sudah dapat dideteksi. Tanda tersebut antara lain:

  • Kulit dan selaput bening mata menjadi kuning
  • Nyeri atau teraba keras di perut kanan atas
  • Rasa sebah, mual
  • Mudah lelah namun sulit tidur
  • Terlihat gambaran pembuluh darah pada kulit perut
  • Mudah lebam dan berdarah dengan benturan ringan
  • Berat badan turun drastis dan pembesaran di perut

Bila Anda mengalami gejala tersebut, terlebih ditambah adanya demam, muntah darah ataupun buang air besar hitam, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Walaupun tak dapat disembuhkan, namun perjalanan penyakit dan tingkat keparahan sirosis dapat ditekan dengan penanganan yang tepat.

Ingat, rambut rontok bisa dipicu karena banyak hal, termasuk sirosis hati. Jangan abaikan kalau Anda tak mau menyesal.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar