Sukses

Waspada, Kolesterol Tinggi Ganggu Kesehatan Hati

Kolesterol tinggi bak bom waktu yang mengancam kesehatan organ hati.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika kolesterol tinggi akan memengaruhi hampir seluruh organ vital dalam tubuh. Mulai dari jantung, otak, pembuluh darah, dan hati.

Tingginya kadar kolesterol dapat membawa dampak buruk pada organ sejuta peran bernama hati. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Ternyata, gangguan hati juga mampu meningkatkan kadar kolesterol darah secara spontan.

Salah satu peran hati adalah mencerna lemak dan kolesterol menggunakan cairan empedu. Empedu itu sendiri dihasilkan oleh kantung yang terletak di bagian bawah hati.

Selama lemak dan kolesterol masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang wajar, hati masih mampu mencerna dan mengubahnya menjadi energi. Namun jika jumlah yang masuk sangat banyak dan melebihi kemampuan kerja hati, kelebihan ini akan ditumpuk di sel hati.

Penumpukan tersebut dikenal dengan istilah perlemakan hati atau fatty liver. Perlemakan hati ini tentu akan mengganggu optimalnya kerja hati.

Tidak berhenti sampai di situ, perlemakan yang terjadi akan mengganggu kerja hati. Hal ini akan membuat hati semakin sulit untuk memecah timbunan lemak yang terlanjur terbentuk.

Bila terus dibiarkan, kondisi ini akan meningkatkan peluang terjadinya sirosis, kerusakan hati parah yang dapat menyebabkan kehancuran kantung empedu serta menurunkan fungsi hati dan berujung pada gagal hati.

Hancurnya kantung empedu dan menurunnya fungsi hati akan membuat kolesterol di dalam darah semakin merajalela. Bila sudah terjadi gagal hati, bukan hanya sekedar ancaman ringan yang akan Anda hadapi namun nyawalah taruhannya.

Terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga optimalnya kerja hati. Hindari makanan tinggi lemak dan perbanyak konsumsi makanan sehat serta kaya serat. Dengan gaya hidup sehat, Anda tak perlu khawatir kolesterol tinggi.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar