Sukses

Kiat Jitu Hadapi Anak yang Picky Eater

Anda punya anak yang termasuk picky eater? Tak perlu khawatir, ini kiat menghadapinya.

Klikdokter.com, Jakarta Rasanya jauh lebih mudah menyuapi anak ketika ia masih berusia satu tahun. Dia mau makan apa saja dengan lahap dan tidak pilih-pilih. Namun, masa-masa indah itu hilang ketika ia menginjak usia tiga tahun. Anak mulai menjadi picky eater.

Ketika hal ini terjadi, orang tua pun mulai kewalahan karena anak mulai pilih-pilih makanan. Makan ini tidak mau, makan itu menolak.

Anak hanya mau beberapa jenis makanan tertentu dan enggan mencoba makanan baru. Dulu doyan apel, kini ia tidak mau lagi. Ia hanya mau makan makanan yang itu-itu saja.

Tenang. Anda tidak perlu khawatir menghadapi anak yang mulai menjadi picky eater. Menurut para ahli, itu wajar terjadi pada balita yang memasuki usia prasekolah. Anak kerap melakukan gerakan ‘tutup mulut’ dan pilih-pilih makanan.

Anda perlu memahami bahwa di masa prasekolah, anak seperti mengalami ketakutan untuk mencoba hal-hal baru, dan dia hanya memilih makanan yang menurutnya aman.

Selain itu, anak picky eater juga merasa bahwa mereka sudah cukup besar untuk menentukan sendiri makanan apa yang mau mereka makan dan tidak. Dalam tahap ini, mereka belajar untuk menentukan apa yang mereka inginkan.

Memasuki usia 5-6 tahun, sifat picky eater tersebut perlahan-lahan akan menghilang.

Namun, Anda juga tak boleh membiarkan sifat picky eater yang muncul pada anak. Anda tetap harus berperan dalam mengontrol pola makan anak supaya asupan nutrisinya terpenuhi.

Berikut ini beberapa kiat untuk menghadapi anak yang picky eater:

  1. Sabar

    Hal pertama dan terpenting yang dibutuhkan untuk menghadapi picky eater adalah kesabaran. Terkadang anak harus mencoba makanan yang sama berulang kali sebelum ia merasa aman dan setuju untuk menyantap makanan tersebut.

  2. Porsi kecil

    Jangan langsung memberikan makanan dalam porsi besar. Berikan makanan (terutama makanan baru) dalam porsi kecil. Mulailah dengan memberinya setengah porsi orang dewasa.

  3. Menarik

    Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik. Misalnya daging, sayur, dan jamur dalam bentuk pizza atau bento ala Jepang dengan berbagai bentuk yang lucu. Si Kecil pasti suka dan sulit menolak untuk menyantapnya.

  4. Jadilah teladan

    Anak adalah peniru. Jika ingin anak mengonsumsi berbagai makanan yang sehat, maka contohkan kepada mereka untuk makan berbagai makanan, termasuk sayur dan buah.

  5. Berikan pengetahuan

    Anda mulai dapat memberikan pengetahuan dasar mengenai kebutuhan nutrisi dan fungsinya bagi kesehatan tubuh, agar ia menyadari bahwa makanan yang ia konsumsi penting untuk kesehatannya.

  6. Hindari televisi

    Anda perlu menghindarkan anak dari paparan televisi dan gawai selama makan, supaya anak dapat berkonsentrasi penuh saat makan.

Menghadapi anak picky eater alias suka pilih-pilih makanan memang bukan hal yang mudah. Namun dengan kesabaran, ketekunan, dan kiat-kiat di atas, Anda pasti dapat melakukan yang terbaik bagi buah hati Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar