Sukses

Mitos dan Fakta Seputar Flu

Agar Anda tidak mudah terjangkiti penyakit flu, kenali mitos dan faktanya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Flu atau influenza adalah penyakit yang paling mudah menyerang siapa saja. Flu sering dikaitkan dengan berbagai hal seperti kelelahan, terlalu banyak mengonsumsi es, hingga udara yang terlalu dingin.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua anggapan tersebut benar? Sebagian besar hal yang diduga sebagai penyebab flu, nyatanya hanya mitos belaka. Berikut ini beberapa anggapan soal flu yang sering beredar dan perlu diluruskan:

  1. Terlalu banyak minum es bisa sebabkan flu

    Anggapan ini adalah yang paling sering dikaitkan dengan flu. Mungkin Anda pernah mendengar atau bahkan mengatakan hal demikian pada anak. Ternyata, itu hanyalah mitos. Tidak benar bahwa es adalah penyebab flu.

    Meski demikian, minum es saat Anda flu dapat memperparah gejala. Sebab minum es akan merangsang refleks batuk dan membuat peradangan semakin berat.

    Pada dasarnya, penanganan flu dilakukan dengan mengobati gejalanya. Jika terus mengonsumsi es, Anda hanya akan memperberat peradangan dan menambah lama waktu penyembuhan.

  2. Flu terjadi karena kedinginan dan kehujanan

    Udara yang dingin dan hujan yang terus turun sering disalahkan sebagai biang keladi flu. Faktanya, udara dingin maupun hujan sama sekali bukan pemicu utama flu. Meski demikian, kedua hal tersebut memang berkontribusi dalam penularan penyakit.

    Saat udara dingin atau setelah kehujanan, tubuh Anda akan merasa kedinginan sehingga sistem pertahanan tubuh akan terganggu. Ini dikarenakan tubuh berusaha melawan rasa dingin tersebut. Saat kondisi dingin inilah, daya tahan tubuh Anda menurun dan membuat virus semakin mudah untuk menyerang.

    Virus penyebab flu, virus influenza, dapat ditularkan dari mana saja dan ada di sekitar Anda sehingga sangat mudah terjadi infeksi virus. Untuk mencegah virus tersebut, hal yang paling penting adalah daya tahan tubuh yang kuat.

    Di sinilah, faktor seperti kehujanan, berenang terlalu lama, kurang tidur, kelelahan, kedinginan, dan lain-lain berperan, karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.

  3. Jangan mendekati penderita flu

    Untuk menghindari penularan penyakit, Anda memang seharusnya menjauhi orang yang telah terinfeksi. Namun, hal tersebut nyatanya tidak mudah untuk dilakukan.

    Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta penderita flu untuk menggunakan masker dan menutup mulut saat bersin atau batuk. Hal itu dapat mencegah virus tersebar melalui udara kepada orang-orang di sekitar.

    Hindari pula kontak fisik secara langsung dengan penderita flu. Anda juga harus menjaga kebersihan diri, seperti dengan mencuci tangan. Mencuci tangan adalah kunci penting dalam pencegahan segala penyakit, termasuk flu. Dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan, rantai penularan penyakit dapat diputus.

Nyatanya, virus adalah penyebab utama dari flu. Namun, Anda tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar tidak mudah terserang virus influenza.

[RS/ RVS]

1 Komentar

  • maulian

    Wah harus diwaspadai kan sekarang cuaca ngga menentu, thanks artikelnya informatif!