HomeInfo SehatPernapasanSaat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini
Pernapasan

Saat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 22 Mei 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa makanan dan minuman bisa memperparah flu kamu. Apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari saat flu? Yuk, simak di sini.

Saat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Dengan cuaca yang sering kali tidak menentu. Terkadang panas terik dan kemudian hujan yang masih sering terjadi, flu pun bisa menyerang siapa saja yang kekebalan tubuhnya rendah. Jika sudah terserang flu, aktivitas harian pun akan terganggu.

Flu merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam.

Untuk mempercepat proses penyembuhan flu, berikut ini adalah sejumlah minuman dan makanan yang dihindari saat flu.

1. Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu.

Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Hal tersebut juga berlaku pada kue kering, permen, es krim, dan makanan manis lainnya.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur. Pilih juga camilan yang rendah gula.

2. Susu

Agar gejala flu tidak semakin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasanmu.

Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu. Lebih jauh dari itu, lendir yang dibiarkan mengendap terlalu lama di dalam tubuh berpotensi memicu gejala yang lebih parah.

Saat sakit, kamu sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh.

3. Makanan Pedas

Mengutip dari situs Men’s Health, jenis makanan yang satu ini juga harus dihindari saat flu. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu.

Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek semakin menjadi-jadi.

4. Daging

Selama flu, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh. Karenanya, daging menjadi salah satu pantangan makanan saat flu.

Kamu bisa mengganti konsumsi daging dengan buah dan sayur-sayuran. Seorang ahli bahkan menganjurkan untuk menjalani pola makan selayaknya seorang vegetarian selama flu hingga beberapa saat setelah sembuh.

Artikel Lainnya: Sering Tertukar, Ini Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Biasa

5. Alkohol

Sama seperti gula, minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat mengganggu pertahanan tubuh dari virus. Hal ini malah dapat membuat tubuh lebih sakit dari sebelumnya.

Mengonsumsi alkohol juga dapat membuatmu dehidrasi. Selama kondisi tubuh belum stabil, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi dalam jumlah banyak.

6. Makanan Terlalu Keras

Biskuit, crackers, chips dengan tekstur garing dapat memicu batuk dan nyeri tenggorokan. Ketika sudah dikunyah akan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan dan memicu batuk.

7. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji rendah kandungan nutrisinya. Saat flu, kamu membutuhkan lebih banyak vitamin dan nutrisi agar lebih cepat sembuh.

8. Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi, soda, dan teh hitam dapat membuat kamu merasa lebih dehidrasi. Ketika kurang cairan, tenggorokan akan terasa kering dan memicu batuk.

9. Makanan Berminyak

Makanan berminyak lebih sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan gejala tambahan pada perut. Selain itu makanan berminyak juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Sebagai informasi, penanganan pada penyakit flu bersifat simptomatik. Artinya, untuk menyembuhkan flu, yang perlu dilakukan adalah mengobati gejala yang ada.

Agar proses penyembuhan gejala flu berlangsung cepat, kamu perlu menghindari beberapa jenis makanan di atas.

Selain itu, untuk meredakan gejala flu, kamu bisa mengonsumsi obat pereda flu yang umumnya mudah ditemukan di apotek, seperti Mixagrip. Namun, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan jenis obat dan pengobatan yang sesuai. Jangan ragu untuk tanya soal kondisimu atau obat-obatan dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

(PUT/AYU)

FluNutrisimakanan

Konsultasi Dokter Terkait