Sukses

Wanita Lebih Cepat Menua daripada Pria?

Proses penuaan adalah proses alami yang akan setiap manusia, namun pria dan wanita menua dengan kecepatan yang berbeda.

Klikdokter.com, Jakarta Pria dan wanita berbeda dalam banyak hal, salah satunya dalam proses penuaan. Sebenarnya, penuaan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik dan lingkungan. Faktor lingkungan pun ada beragam seperti makanan, olahraga, dan tingkat stres. Hanya saja, kulit wanita lebih cepat menua daripada pria.

Menurut International Dermal Institute, kulit wanita lebih mudah menua dibandingkan kulit pria. Hal ini terjadi karena kulit pria lebih tebal dengan kandungan kolagen yang lebih padat dari dari wanita.

Kadar testosteron pria membuat kulit mereka lebih tebal 25 persen dibandingkan wanita. Kulit pria juga cenderung lebih lembap dibandingkan wanita. Berbagai hal inilah yang menyebabkan pria tampak lebih muda dibandingkan wanita dengan usia setara.

Namun, proses penuaan memiliki makna yang lebih dalam dari sekedar penuaan kulit, seperti penuaan pada organ internal. Berbagai organ ini juga mengalami penuaan pada kedua gender dengan kecepatan yang relatif sama di antara keduanya. Namun berbagai penyakit cenderung terjadi lebih sering pada pria dibandingkan pada wanita, misalnya penyakit jantung koroner.

Meski terdapat beberapa perbedaan penuaan antara pria dan wanita, umur harapan hidup wanita lebih baik dibandingkan pria. Pria memiliki harapan hidup 76,4 tahun, sedangkan wanita memiliki harapan hidup 81 tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti angka sakit jantung yang lebih rendah pada wanita, dan tingkat stres yang berbeda.

Proses penuaan adalah proses alami yang akan dihadapi oleh setiap manusia. Agar dapat menua dengan sehat, Anda perlu menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres yang berlebihan sejak dini.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar