Sukses

Mana Lebih Baik untuk Sarapan, Susu atau Jus Jeruk?

Susu dan jus jeruk identik sebagai menu sarapan. Tapi, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Klikdokter.com, Jakarta Umumnya anak-anak malas untuk sarapan. Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa memilihkan jenis makanan yang anak sukai, tentunya yang bergizi. Selain makanan, pastikan juga untuk memberi anak minuman yang baik untuk tubuhnya.

Kemudian muncul pertanyaan, manakah yang lebih baik untuk disajikan saat sarapan: jus jeruk atau susu?

Satu gelas jus jeruk memiliki 110 kalori. Dengan mengonsumsi jus jeruk, dapat memberi anak asupan vitamin C sepanjang hari dan antioksidan untuk melindungi anak dari sengatan sinar matahari.

Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi jus disebut dapat merusak gigi anak. Sebuah studi yang dilakukan oleh Yan-fang Ren, DDS, PhD, associate professor di Rochester Eastman Institute for Oral Health, menemukan bahwa jus jeruk dapat mengurangi kekerasan enamel atau lapisan luar gigi.

Dengan mengonsumsi jus selama 5 hari berturut-turut, maka dapat merusak enamel hingga 84 persen.

Sementara dalam segelas susu, Anda akan menemui sampai 20 persen kebutuhan protein harian anak. Selain itu, susu juga memiliki sepertiga dari asupan kalsium sesuai angka yang direkomendasikan.

Sebuah penelitian menemukan manfaat lain dari mengonsumsi susu di waktu sarapan. Orang yang mengonsumsi susu cenderung memiliki nafsu makan yang lebih terkontrol. Hal ini tentu dapat menghindari anak dari kebiasaan jajan sembarangan dan ngemil berlebihan.

Mana yang lebih baik?
Dr. Ren menyarankan untuk memasukkan susu – dibanding jus jeruk – ke dalam menu sarapan anak. Karena kandungan kalsium dalam susu berperan untuk membangun ulang lapisan gigi. Namun, sebaiknya Anda tidak memilih sembarangan susu untuk dikonsumsi.

Alih-alih mendapatkan manfaat bagi tubuh, salah memilih susu malah dapat membuat anak rentan terhadap berbagai penyakit. Pilih susu yang sesuai dengan usia dan angka kecukupan gigi (AKG) anak.

Meski demikian, tidak masalah jika sewaktu-waktu anak menginginkan sesuatu yang segar seperti jus jeruk untuk sarapannya. Hal yang penting, ajarkan anak Anda untuk membilas mulutnya setelah meminum jus buah yang asam, seperti jus jeruk.

Bisa dengan cara berkumur atau meminum air putih. Tapi jangan langsung menyikat gigi setelah meminum jus buah yang asam.

“Jika Anda segera menyikat gigi, Anda akan menyikat lapisan enamel yang melunak. Tunggulah 30 menit," katanya.

Setelah membandingkan manfaat dan kerugian kedua minuman tersebut, sudah menentukan minuman mana yang akan menjadi menu sarapan anak? Segelas susu atau jus jeruk?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar