Sukses

Deretan Makanan Pemicu Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Tahukah Anda bahwa sakit kepala juga bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan tertentu? Waspada, inilah beberapa makanan yang menyebabkan sakit kepala!

Hampir setiap orang pernah merasakan sakit kepala dalam hidupnya. Keluhan ini biasanya terjadi akibat stres, ‘masuk angin’, dan kurang tidur. Selain itu, tahukah Anda bahwa terdapat pula makanan penyebab sakit kepala?

Faktanya, beberapa makanan memiliki kandungan zat tertentu yang bisa memicu respons sakit kepala. Beberapa makanan penyebab sakit kepala tersebut. Bahkan, sering ditemukan dalam menu sehari-hari, lho!

 

1 dari 2 halaman

Makanan yang Menyebabkan Sakit Kepala

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan sakit kepala:

1. Keju dan Produk Susu Lainnya

Keju dan produk susu merupakan makanan penyebab sakit kepala jenis migrain. Keluhan tersebut bisa terjadi akibat kandungan tiramin yang ada di dalamnya.

Tinggi rendahnya kandungan tiramin berhubungan dengan berapa lama keju tersebut disimpan. Semakin tua usia keju, kandungan tiramin akan semakin besar.

2. Monosodium Glutamate (MSG)

Siapa yang tak kenal dengan MSG? Zat yang punya nama lengkap Monosodium glutamate ini merupakan penguat rasa pada aneka masakan.

Jika dikonsumsi dalam kadar berlebihan, MSG bisa memicu sakit kepala, khususnya pada orang-orang yang sensitif.

3. Cabai

Meski sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, cabai ternyata dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini diduga akibat kandungan capsaicin yang ada di dalamnya.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala pada Siang Hari, Apa Penyebabnya?

4. Alkohol dan Anggur Merah

Minuman beralkohol sudah diketahui sejak lama dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Ini karena alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, yang bila terjadi pada pembuluh darah otak dapat menyebabkan kejadian sakit kepala.

Sementara itu, anggur merah dapat menyebabkan sakit kepala karena memiliki kandungan tiramin yang sangat tinggi.

5. Cokelat

Cokelat memang dapat meredakan stres. Namun bila dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala.

Hal tersebut karena cokelat memiliki kandungan asam amino tinggi, yang merupakan keluarga dari senyawa tiramin.

6. Es krim

Apakah Anda sering sakit kepala setelah mengonsumsi es krim atau minuman dingin? Ini wajar, karena tubuh bereaksi terhadap rasa dingin dari makanan atau minuman yang baru saja Anda konsumsi.

Sakit kepala yang terjadi akibat mengonsumsi asupan yang dingin umumnya terjadi hanya sekitar 30-60 detik.

Artikel Lainnya: Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

7. Pisang

Tidak disangka, pisang ternyata juga termasuk sebagai makanan penyebab sakit kepala.

Ini karena buah berkulit kuning itu memiliki kandungan tiramin, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang.

8. Daging Olahan

Sakit kepala juga bisa terjadi akibat sering mengonsumsi daging olahan, seperti yang terdapat pada hot dog, bacon atau burger.

Mengonsumsi daging sebenarnya tidak masalah. Hanya saja, daging-daging olahan tersebut umumnya memiliki pengawet yang mengandung nitrat.

Zat nitrat pada daging olahan bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mencetuskan sakit kepala.

9. Pemanis Buatan

Serealia, permen, jus, dan soda merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung senyawa pemanis buatan jenis aspartam.

Senyawa tersebut bisa menyebabkan keluhan sakit kepala, khususnya pada orang-orang yang sensitif.

Perlu diketahui bahwa aspartam merupakan pengganti gula yang memiliki rasa 200 kali lebih manis dibandingkan gula biasa.

Artikel Lainnya: Bangun Tidur Selalu Sakit Kepala, Kenali Penyebabnya

10. Bawang

Mengonsumsi bawang mentah rupanya bisa mencetuskan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena bawang menstimulasi saraf trigeminal untuk melepaskan suatu senyawa ke otak, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

11. Makanan Asin

Tak hanya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, makanan yang berasa asin ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala dan keluhan migrain.

Kondisi ini utamanya terjadi jika Anda mengonsumsi makanan asin yang diawetkan secara berlebihan.

12. Makanan yang Difermentasi

Bagi penyuka acar fermentasi (pickles) atau kimchi, Anda patut waspada. Pasalnya, jenis makanan tersebut memiliki kandungan tiramin yang tinggi dan mudah sekali mencetuskan sakit kepala.

Apakah asupan favorit Anda termasuk dalam daftar makanan pemicu sakit kepala? Jika ya, sebaiknya batasi atau hindari konsumsinya agar Anda tidak mengalami keluhan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila Anda telah menghindari makanan yang menyebabkan sakit kepala namun keluhan tetap saja terjadi, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter tanpa dipungut biaya.

(NB/AYU)

1 Komentar